Ketahuan Bawa 200 Kg Kokain Senilai Rp124 Miliar, Polisi Tangkap Wali Kota Niger

Nusantaratv.com - 04 Januari 2022

Ilustrasi kokain. (Istimewa)
Ilustrasi kokain. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Polisi di Niger utara menyita lebih dari 200 kilogram kokain senilai sekitar US$8,7 juta atau setara Rp124 miliar. 

Kokain itu diangkut dengan menggunakan truk resmi wali kota setempat, kata dua sumber polisi, seperti dikutip dari CNN, Selasa (4/1/2022).

Sumber menyebutkan wali kota dan sopirnya, yang berada di dalam kendaraan pada saat itu, ditangkap dengan 199 blok kokain di sebuah pos pemeriksaan di jalan menuju utara dari pusat perdagangan gurun Agadez pada Minggu (2/1/2022).

Dalam pernyataannya, Kantor Pusat Niger untuk Penindasan Perdagangan Obat Gelap (OCRTIS) mengkonfirmasi telah terjadi penyitaan lebih dari 200 kg kokain di Agadez, tetapi tidak memberikan rincian apapun.

Setelah temuan 16,7 ton resin ganja senilai sekitar US$37 juta (Rp528,3 miliar) disita di Niger Mei lalu, koordinator unit obat Interpol, Jan Drapal, mengatakan gembong narkoba mengirim pengiriman yang lebih besar sebagai tanggapan atas meningkatnya permintaan Eropa.

Afrika Barat telah mencatat serangkaian rekor pengungkapan narkoba dalam beberapa tahun terakhir. Wilayah ini paling sering menjadi rute transit untuk obat-obatan terlarang dalam perjalanan dari Amerika Selatan ke Eropa.

Pada Oktober lalu, Senegal menyita lebih dari dua ton kokain murni dari satu kapal di lepas pantai Atlantik. Sementara Januari 2020, pihak berwenang Gambia menyita hampir tiga ton kokain dari pengiriman yang berasal dari Ekuador.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])