Kesiapan Kluster Kabupaten Mimiki Sudah 100 Persen

Nusantaratv.com - 30 Agustus 2021

Menpora Zainudin Amali bersama Ketua Harian Sub PB PON, Marthen Paiding
Menpora Zainudin Amali bersama Ketua Harian Sub PB PON, Marthen Paiding

Penulis: Arfa Gandhi | Editor: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Kluster Kabupaten Mimiki sudah siap menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020 yang dijadwalkan digelar 2-15 Oktober 2020.

Baik dari segi venue maupun peralatan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenporà) sudah terpasang untuk mendukung kesuksesan pesta olahraga akbar nasional empat tahunan yang digelar di Bumi Cenderawasih tersebut.

Kesiapan itu terkuak saat Menpora Zainudin Amali bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit yang diterima langsung oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng dan Ketua Harian Sub PB PON, Marthen Paiding, Jumat (28/8/2021).

"Terimakasih telah mempersiapkan PON Papua di Kab. Mimika dengan baik, baik Venue, akomodasi dan mobilitas masyarakat," kata Menpora Amali.

"Kini, PB PON Sub Mimika hanya tinggal mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan baik dalam upaya memberikan kesan baik kepada tamu PON nantinya. Kesan yang baik, ramah tamah , melayani dll harus diberikan kepada tamu PON," tambahnya.

Menpora Amali merasa yakin Mimika mampu menyelenggarakan event besar. Makanya, dia meminta media untuk bisa menyampaikan bahwa Papua telah siap terutama kluster Mimika.

"Pemerintah Kabupaten Mimika telah siap menjadi tuan rumah PON XX Papua 2020. Vaksinasi kepada masyarakat sekitar venue telah dilakukan. Begitu juga  relawan. Ini perhelatan dan pengalaman seumur hidup masyarakat Mimika," katanya.

Lebih jauh Menpora Amali mengatakan, masalah peralatan PON XX Papua 2020 sudah tidak perlu dipermasalahkan lagi. "Selama menjadi tanggung jawab Kemenpora, kami jamin tidak ada masalah. Peralatan sudah berada di gudang dan siap di instal. PON Papua pasti jadi," tegasnya.

Dalam upaya menekan pandemi Covid-19, kata Amali, masyarakat sekitar venue sudah divaksinasi. "Semoga angka vaksinasi yang saat ini sudah mencapai 75% dapat mencapai 100% pada saat sebelum PON berlangsung," kata Menpora sembari menyebut adanya rencana Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan September 2021.

Sebelumnya, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti telah menyerahkan peralatan kepada Plt Kadispora Papua, Alexander K.Y Kapisa ST di Hotel Aston Jayapura, Papua, Kamis (26/8/2021).

Penyerahan peralatan cabang olahraga ini terdiri dari 26 cabor dan 36 nomor yang dipertandingan ini berasal dari APBN Kemenpora yang dihibahkan secara kepemilikan dan penggunaannya kepada Pemerintah Provinsi Papua. Peralatan ini akan dipergunakan untuk mensukseskan pelaksanaan PON yang digelar di empat kluster yakni Kabupaten  Mimika, Kabupaten Merauke, Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

Selain mensukseskan pelaksanaan PON dan Peparnas, kata Chandra Bhakti, peralatan ini akan mendukung program pembinaan olahraga di Papua yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional. Apalagi, Papua cukup banyak menyumbangkan atlet nasional yang berprestasi di kancah internasional.

Salah satu di antaranya lifter angkat besi putri, Lisa Rumbewas yang meraih tiga medali pada penampilan di Olimpiade. Yakni, perak di Olimpiade Sydney 2000 dan Olimpiade Athena 2004 serta medali perunggu pada Olimpiade Beijing 2008.

"Papua masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional dan ini merupakan bentuk dukungan yang diberikan Kemenpora. Ke depan, kita berharap lahir atlet-atlet dari Papua yang mampu meraih prestasi di Olimpiade seperti yang pernah diukir Lisa Rumbewas," katanya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])