Keracunan Massal Alkohol Ilegal, 34 Orang Tewas

Nusantaratv.com - 11 Oktober 2021

Ilustrasi minuman alkohol. (Net)
Ilustrasi minuman alkohol. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pihak berwenang Rusia menyebut korban tewas akibat keracunan massal terkait alkohol ilegal di barat daya Rusia naik menjadi 34 orang pada Minggu (10/10/2021).

Sementara itu, sebanyak 24 orang lainnya dirawat di rumah sakit, seperti dikutip dari Reuters, Senin (11/10/2021). Penyelidik di wilayah Orenburg membuka kasus kriminal setelah orang-orang mulai sekarat karena keracunan alkohol pekan ini.

Polisi sejak itu menahan 10 orang dalam penyelidikan produksi dan penjualan alkohol ilegal, kantor berita TASS melaporkan. "Ada 67 korban alkohol pengganti yang diketahui di wilayah tersebut, 34 di antaranya telah meninggal," kata pemerintah daerah Orenburg seperti dikutip oleh kantor berita Interfax.

Baca Juga: Pesawat Jatuh dan Terbakar, 4 Orang Tewas

Disebutkan tujuh dari orang yang dirawat di rumah sakit berada dalam kondisi buruk dan empat di antaranya menggunakan ventilator. Polisi menyita 2.000 botol alkohol pada Sabtu (9/10/2021) dan mengatakan mereka telah mengidentifikasi metanol, yang beracun.

Kasus keracunan alkohol massal telah mengejutkan negara itu di masa lalu. Pada 2016, 77 orang meninggal di Siberia karena meminum minyak mandi yang dicampur atau dipolos dengan alkohol untuk mencari kadar tinggi alkohol.

Orang Rusia telah lama memiliki reputasi sebagai peminum terberat di dunia, tetapi konsumsi telah menurun dalam beberapa tahun terakhir, turun 43 persen dari 2003 hingga 2016, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2019.

"Kondisi itu telah menyebabkan peningkatan pesat dalam harapan hidup warga Rusia," ucap WHO.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])