Kenaikan Tarif KRL Masih Dipikir-pikir

Nusantaratv.com - 25/05/2022 20:23

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Maulana

Nusantaratv.com - PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) menegaskan belum ada kenaikan tarif kereta rel listrik (KRL). Hingga kini, rencana menaikkan tarif masih dikaji.

Ini dinyatakan VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba pada acara Ngobrol Bareng Komunitas Kereta Api Persiapan Switch Over 5 Stasiun Manggarai di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Rabu (25/5/2022).

"Dari Kemenhub belum ada kenaikan tarif, masih dievaluasi," kata Anne.

Menurutnya Kemenhub masih dalam proses sosialisasi mengenai perubahan tarif tersebut. Hasil survei dan kelompok diskusi, KAI belum ada rencana menaikkan tarif KRL bagi penumpang.

"Masih dalam tahap sosialisasi sampai saat ini. Berdasarkan masukan dan survei tersebut masih belum ada kenaikan tarif," tutur Anne.

Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebelumnya mengusulkan tarif dasar KRL Commuter Line naik Rp2.000 dari Rp3.000 menjadi Rp5.000 untuk jarak 25 kilometer (km) pertama.

Berdasarkan bahan paparan, semula kenaikan tarif KRL akan diberlakukan pada 1 April 2022.

Tapi, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan pihaknya masih akan mempertimbangkan situasi dan kondisi masyarakat sebelum merencanakan kenaikan tarif.

Dirinya memastikan kenaikan tarif tidak akan dilakukan sebelum Hari Raya Idul Fitri 2022. Mengingat saat ini Lebaran telah lewat, pembahasan terkait waktu penerapan kenaikan tarif KRL masih bergulir.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in