Kementerian ATR/BPN Gandeng Masyarakat Wujudkan Reforma Agraria

Nusantaratv.com - 26/01/2023 10:43

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN) Raja Juli Antoni dalam acara Temu Nasional Reforma Agraria di Morissey Hotel, Jakarta, Rabu (25/1/2023). (ANTARA/Ho/Kementerian ATR/BPN)
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN) Raja Juli Antoni dalam acara Temu Nasional Reforma Agraria di Morissey Hotel, Jakarta, Rabu (25/1/2023). (ANTARA/Ho/Kementerian ATR/BPN)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN) Raja Juli Antoni mengatakan pemerintah terus mendorong pelaksanaan Reforma Agraria dengan menggandeng seluruh lapisan masyarakat.

"Kita kerja bareng, kita lakukan dialog apa yang bisa diakselerasi. Kalau ada hambatan kita lihat bersama hambatannya di mana. Yang pasti kita lakukan apa yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan Reforma Agraria," ujar Raja melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis.

Lebih lanjut, Raja mengatakan pemerintah telah berkomitmen untuk mewujudkan Reforma Agraria. Namun untuk mewujudkannya diperlukan sikap kepemimpinan serta upaya dari berbagai pihak.

"Terutama untuk perubahan yang bersifat struktural, bersifat jangka panjang yang akan terus kita upayakan. Kita buat pola yang lebih singkat, lebih efisien mungkin banyak hal yang bisa kita selesaikan," kata Raja.

Dalam pelaksanaannya banyak ruang yang bisa digerakkan secara kolaborasi demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Oleh sebab itu, Raja mengapresiasi Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) atas partisipasi aktif serta inisiasinya dalam mendorong kebutuhan masyarakat melalui Reforma Agraria.

"Kita harus menjadi bagian dari perubahan, dan salah satu cara adalah seperti yang KPA lakukan dengan berperan aktif," kata Raja.

Sekretaris Jenderal KPA Dewi Kartika menyatakan peran kepemimpinan memang sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan Reforma Agraria. Menurutnya, dibutuhkan kejujuran serta kerja sama yang efektif dari semua pimpinan maupun kementerian/lembaga lintas sektor terkait.

Dewi optimistis Reforma Agraria dapat terwujud demi kepentingan rakyat. Namun, perlu ada gotong royong yang lebih dalam membangun sinergi agar hal tersebut dapat terakselerasi.

"Kita harus tetap optimis. Perlu ada gotong royong dan sinergi," kata Dewi.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in