Kelompok Bersenjata Serang Penjara Nigeria, 240 Napi Kabur

Nusantaratv.com - 14 September 2021

Kelompok bersenjata menyerbu penjara. (Reuters)
Kelompok bersenjata menyerbu penjara. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Kelompok bersenjata menyerbu sebuah penjara di Nigeria tengah selatan dan membebaskan 240 narapidana dari penjara.

Para penyerang memulai baku tembak dengan penjaga pada Minggu (12/9/2021) malam waktu setempat, di penjara keamanan menengah di Kabba di negara bagian Kogi, barat daya ibukota federal Abuja.

"Pusat penahanan keamanan menengah di Kabba, negara bagian Kogi, telah diserang oleh orang-orang bersenjata yang belum diidentifikasi dan 240 narapidana dibebaskan secara paksa," kata juru bicara Layanan Permasyarakatan, Francis Enobore, dikutip dari Al Jazeera, Selasa (14/9/2021).

Namun, Enobore tidak memberikan rincian mengenai para korban. Selain itu, tidak jelas juga siapa kelompok bersenjata tersebut, tetapi Nigeria tengah dan barat laut telah diteror oleh geng-geng kriminal selama bertahun-tahun.

Pengendali Umum Layanan Pemasyarakatan Nigeria, Haliru Nababa, mengambil alih penyelidikan atas serangan itu dan memerintahkan semua narapidana untuk ditangkap kembali.

"Dia mengimbau masyarakat umum untuk memberikan intelijen yang berguna yang akan membantu menangkap kembali para pelarian ke petugas keamanan," ujar Enobore.

Pihak rumah tahanan (rutan) menyebutkan sebanyak 294 narapidana ditahan pada saat itu, yakni 224 tahanan pra-persidangan dan 70 terpidana. Penjara ini didirikan pada 2008 dengan kapasitas 200 narapidana.

Tersangka dapat menghabiskan bertahun-tahun dalam penahanan pra-sidang di Nigeria. Kelompok hak asasi manusia mengatakan penjara sering penuh sesak dan prosedur hukum tidak efisien.

Penyerbuan penjara besar tidak jarang terjadi di Nigeria. Dalam serangan brutal pada 5 April lalu, milisi bersenjata menyerbu markas polisi Owerri, membebaskan lebih dari 1.800 narapidana.

Pada Februari 2012, belasan orang bersenjata menyerbu sebuah penjara di Koton Karfe, negara bagian Kogi, membebaskan 119 orang dan membunuh seorang sipir.

Serangan itu diklaim oleh kelompok Boko Haram. Mereka menyebut hanya ingin membebaskan anggotanya yang ditahan di penjara.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])