Kehidupan Perusahaan Pengaruhi Kesehatan Anda?Jika Iya, Begini Cara Merawat Diri

Nusantaratv.com - 17/06/2022 17:20

Ilustrasi orang kerja / The Star
Ilustrasi orang kerja / The Star

Penulis: Harry Prasetyo | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Berjam-jam duduk di depan layar, kerja tanpa henti, tenggat waktu, stres memenuhi harapan, dan larut malam, semuanya akhirnya mulai berdampak buruk pada kesehatan kita.

Karyawan perusahaan sering terlihat mengalami berbagai masalah kesehatan yang muncul selama periode waktu terkait dengan tekanan kerja dan stres di tempat kerja.

Ahli gizi Anjali Mukerjee, beberapa hari yang lalu, membahas masalah budaya kerja perusahaan dan bagaimana hal itu berdampak negatif pada tubuh. “Bekerja tanpa henti dan larut malam telah sangat mengganggu kesehatan Anda? Kamu tidak sendiri. Bangun jam 7 pagi dan pulang kerja jam 9 malam, hanya untuk merasa lelah secara fisik dan emosional di rumah bersama keluarga adalah hal biasa saat ini. Biasa, tidak sehat,” katanya.

Dia lebih lanjut menambahkan bahwa stres di tempat kerja berdampak pada kesehatan lebih dari yang dapat kita pahami, mulai dari kesehatan mental hingga hormon kita hingga mengarah pada kebiasaan makan dan tidur yang tidak sehat.

“Kehidupan yang penuh tekanan dapat membahayakan Anda dengan lebih banyak cara daripada yang Anda pikirkan, memengaruhi kondisi mental dan hormon, diet, berat badan, tidur, dan banyak lagi. Ini terutama mengarah pada kebiasaan makan yang tidak sehat dan penambahan berat badan yang mudah,”tuturnya.

Lebih lanjut Anjali mencatat beberapa tips yang harus diikuti oleh karyawan perusahaan untuk menghilangkan stres dan menjaga diri mereka sendiri:

De-stress : Kecemasan dan kepanikan memenuhi tenggat waktu menjadi kebiasaan bagi karyawan perusahaan dari waktu ke waktu. Namun, hal ini dapat mempengaruhi kesehatan. Penting untuk melatih pernapasan dalam setidaknya selama 5 menit, dua kali, saat bepergian ke dan kembali dari tempat kerja.

Camilan sehat: Camilan seperti kacang membantu menyediakan nutrisi bagi tubuh seperti serat, protein, dan mineral.

Sarapan: Jangan melewatkan sarapan. Sebagai gantinya, buatlah kombinasi serat, protein, dan nutrisi penting lainnya untuk memulai hari dengan catatan yang sehat.

Makanan rumahan: Makanan sehat membantu mencegah penambahan berat badan yang tidak perlu dan perubahan suasana hati. Makanan rumah juga terdiri dari kebersihan dan nutrisi yang diperlukan.

Antioksidan  Anjali menyarankan segelas jus wortel atau jus tomat sebelum sarapan dapat memberikan keajaiban bagi tubuh.

Hidrasi: Minum air dalam jumlah yang cukup adalah wajib untuk kesehatan yang baik. Karyawan perusahaan juga harus beralih ke teh hijau dari teh atau kopi.

Makan malam ringan: Makan malam ringan sebelum jam 8 malam adalah praktik yang baik.

Olahraga : Aktivitas fisik seperti jalan cepat, minimal 30 menit dalam sehari dapat membantu dalam memberikan kontribusi untuk kesehatan yang lebih baik.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in