Kawah Asteroid Terbesar di Dunia Ditemukan di Gunung China

Nusantaratv.com - 08 Maret 2022

Kawah asteroid. (Net)
Kawah asteroid. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Sekelompok peneliti yang berafiliasi dengan beberapa institusi di China dan Austria mengonfirmasi punggungan gunung melingkar di Provinsi Heilongjiang China, merupakan kawah yang terbentuk dari serangan asteroid.

Dalam makalah mereka yang diterbitkan dalam jurnal Meteoritics & Planetary Science, tim peneliti memaparkan studi mereka tentang kawah dan apa yang mereka pelajari tentangnya. Kawah ini diberi nama Yilan, diambil dari nama kota terdekat.

Sebelum tahun 2020, satu-satunya kawah tumbukan lain yang pernah ditemukan ialah kawah di daerah Xiuyan, Liaoning, China. Kawah Yilan menambah daftar 190 kawah yang dikenal di seluruh dunia.

Pada 2019, tim peneliti memperhatikan apa yang tampak seperti kawah di pegunungan timur laut China. Tahun lalu, para peneliti melihat gambar satelit yang lebih baru dari situs tersebut dan semakin yakin bahwa itu adalah sebuah kawah.

Mengutip Phys.org, mereka kemudian membuat pengaturan untuk mempelajari kawah dari dekat. Selain mensurvei kawah dan area di sekitarnya, tim mengekstrak inti bor dari pusatnya.

Studi inti menunjukkan bahwa dasar kawah terbuat dari sedimen lakustrin dari danau purba yang kemudian menjadi rawa. Di bawahnya adalah lapisan granit breksikan setebal 319 meter bersama dengan klastik dan fragmen granit. Ini adalah bukti batuan dasar yang hancur karena benturan yang sangat kuat.

Mereka pun menemukan material lelehan seperti kaca vesikular dan kaca berbentuk tetesan air. Keduanya membutuhkan suhu tinggi untuk terbentuk saat meleleh dan kemudian mendingin di tempat. Mereka juga menemukan fitur deformasi di kuarsa lokal lainnya. Secara keseluruhan, fitur inti memberikan bukti kuat tentang dampak asteroid.

Diketahui kawah ini memiliki lebar sekitar 1,85 kilometer, meskipun tepi selatannya telah memudar meninggalkan kawah dalam bentuk Bulan sabit. Menurut catatan para peneliti, penanggalan radiokarbon dari arang di daerah tersebut dan sedimen danau tua menunjukkan kawah itu terbentuk sekitar 46.000 hingga 53.000 tahun yang lalu.

Rekor kawah yang terbentuk dari tumbukan benda langit terbesar di Bumi sebelumnya dipegang oleh Kawah Meteor di Arizona yang berusia kurang dari 100.000 tahun dengan diameter 1,2 km.

Rentang waktu ini menunjukkan bahwa dampaknya bisa disaksikan oleh manusia modern awal atau kerabat lain yang tinggal di daerah tersebut. Para peneliti tak mampu menentukan ukuran asteroid yang membuat kawah. Diperlukan studi lebih lanjut guna membantu membentuk perkiraan yang tepat.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])