Kata Ahli Soal Apa Posisi Tidur Terbaik dan Terburuk

Nusantaratv.com - 22/09/2022 14:50

Ilustrasi posisi tidur / Today
Ilustrasi posisi tidur / Today

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - Apakah Anda sering terbangun dengan sakit leher atau sakit punggung di pagi hari? Meskipun mungkin ada kondisi mendasar lain di balik nyeri otot, itu bisa juga disebabkan oleh posisi tidur yang buruk.

Posisi tubuh yang baik dapat membantu kualitas tidur yang lebih baik karena membantu mengendurkan otot-otot sehingga Anda dapat merasa segar di pagi hari tanpa rasa sakit dan nyeri.

Salah satu posisi tidur terbaik yang disarankan para ahli adalah posisi janin di mana Anda benar-benar tidur seperti bayi (dalam kandungan) dengan kaki tertekuk meringkuk. Posisi ini membantu mengurangi dengkuran dan meredakan nyeri punggung bagian bawah.

Selain itu, tidur menyamping sebenarnya bisa menjadi posisi yang baik. Terutama jika Anda makan berat saat makan malam, tidur miring ke kiri bisa membantu karena dapat membantu pencernaan dan mencegah keasaman dan mulas. Namun, seseorang harus cukup berhati-hati untuk tidak menekan bahu dan rahang.

Dr Karthick Dhayalan, MBBS. MS (Ortho), Konsultan, Ahli Bedah Ortopedi, Rumah Sakit Prasanth mengatakan posisi cradling di mana Anda menekuk dada bagian atas (dada) dan menekuk lutut adalah posisi tidur terbaik karena membantu mengurangi tekanan pada punggung.

Tidur sambil berbaring tengkurap adalah posisi tidur terburuk menurut para ahli dan dapat menyebabkan ketegangan ekstra pada otot dan persendian. Tidur dalam posisi ini akan membuat Anda merasa sangat membosankan di pagi hari.

"Posisi seperti terjun bebas (berbaring tengkurap) biasanya menyebabkan nyeri punggung dan leher. Kita juga perlu menghindari penggunaan bantal yang kaku dan mencoba tidur menyamping. Posisi tentara atau tidur telentang sama-sama berbahaya karena menyebabkan dengkuran , masalah arteri karotis, sleep apnea, pernapasan dangkal antara lain," kata Dr Dhayalan.

Seseorang harus memilih posisi tidur yang ideal untuk mereka tergantung pada kondisi kesehatan yang mereka miliki.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in