Kasal Pimpin Sertijab Rotasi Sejumlah Pejabat TNI AL

Nusantaratv.com - 25 Januari 2023

Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali (dua kiri) melepas dan memasang tanda pangkat sejumlah pejabat TNI AL dalam upacara serah terima jabatan di Markas Komando Lintas Laut Militer, Jakarta, Rabu (25/1/2023). (ANTARA/Gilang Galiartha)
Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali (dua kiri) melepas dan memasang tanda pangkat sejumlah pejabat TNI AL dalam upacara serah terima jabatan di Markas Komando Lintas Laut Militer, Jakarta, Rabu (25/1/2023). (ANTARA/Gilang Galiartha)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta, Rabu, yang menandai rotasi sejumlah pejabat TNI AL.

Sertijab tingkat komandan dan pangkotama dilakukan di Lapangan Silam Kolinlamol, sedangkan untuk tingkat pejabat utama Mabesal dilaksanakan di atas geladak utama KRI Banda Aceh (593) yang bersandar di Dermaga Kolinlamil.

Ali mengingatkan untuk mewujudkan cita-cita TNI AL yang profesional, modern, dan tangguh, setiap organisasi di jajaran TNI AL harus memiliki peran penting sesuai bidang serta tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Oleh karena itu, katanya, regenerasi perlu dilakukan untuk memastikan peran penting tiap organisasi di jajaran TNI AL berjalan optimal dan berkelanjutan.

"Peran penting setiap organisasi dalam jajaran TNI Angkatan Laut harus dilaksanakan secara optimal dan berkelanjutan. Untuk itulah, dibutuhkan regenerasi yang tepat dalam menjamin berputarnya roda organisasi agar terus bergerak dan melaju seperti yang kita harapkan," kata Ali saat menyampaikan amanat sebagai inspektur upacara sertijab.

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan bahwa rotasi di tubuh TNI AL bertujuan untuk penyegaran pimpinan serta kaderisasi rutin demi mewujudkan prajurit TNI AL yang profesional, modern, dan tangguh sesuai dengan program prioritas.

Ali menyampaikan bahwa lingkungan strategis dunia serta kawasan terus berkembang dan bergerak secara cepat dan dinamis, demikian pula ilmu pengetahuan dan teknologi yang lajunya melampaui perkiraan banyak pihak.

"TNI Angkatan Laut, sebagai sebagai komponen utama pertahanan negara di laur, dituntut untuk selalu peka dengan dinamika serta kecenderungan arah perubahan, khususnya revolusi peperangan serta teknologi kesenjataan berkala, sehingga dapat menentukan arah pembangunan yang tepat untuk bisa menghadapi setiap potensi ancaman yang juga akan terus berubah dan berkembang," jelasnya.

Sertijab dilaksanakan berdasar Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/48/1/2023 tertanggal 16 Januari 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Sedikitnya ada 11 jabatan yang diserahterimakan dalam upacara tersebut, yakni Koordinator Staf Ahli Kepala Staf Angkatan Laut (Koorsahli Kasal), Asisten Intelijen (Asintel) Kasal, Asisten Komunikasi dan Elektronika (Askomlek) Kasal, Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Danpuspenerbal), Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Danpuspomal), Panglima Komando Lintas Laut Militer Angkatan Laut (Pangkolinlamil), dan Komandan Pusat Komando Pasukan Katak (Danpuskopaska).

Kemudian Kepala Dinas Pengamanan dan persandian Angkatan Laut (Kadispamsanal), Kepala Dinas Pengadaan Angkatan Laut (Kadisadal), Kepala Dinas Material Angkatan Laut (Kadismatal), dan Kepala Dinas Sejarah Angkatan Laut (Kadisjarahal).

Jabatan Koorsahli Kasal diserahkan dari Laksda TNI I.N.G. Sudihartawan, yang akan segera memasuki masa purnatugas, kepada Laksda TNI Tunggul Suropati, yang sebelumnya menjabat Askomlek Kasal.

Askomlek Kasal selanjutnya akan dijabat oleh Laksda TNI Dwika Tjahja Setiawan, yang menyerahterimakan jabatan Danuspenerbal kepada Laksma TNI Imam Musani, sebelumnya menjabat Danlantamal XIV Sorong.

Kemudian, jabatan Danpuspomal diserahterimakan dari Laksda TNI Edwin, yang selanjutnya akan menjabat sebagai Danpuspom TNI, kepada Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso, sebelumnya menjabat Waaster Panglima TNI.

Jabatan Pangkolinamil diserahterimakan dari Laksda TNI Agus Hariadi kepada Laksda TNI Yayan Sofiyan, yang sebelumnya menjabat Kepala Staf Koarmada RI.

Jabatan Kadispamsanal diserahterimakan dari Laksma TNI Liber Sihombing, yang selanjutnya akan menempati jabatan Dir G BAIS TNI, kepada Laksma TNI Yudhi Bramantyo, sebelumnya menjabat Danpuskopaska.

Selanjutnya, jabatan Danpuskopaska diserahterimakan kepada Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki, yang sebelumnya menjabat Wadan Puskopaska.

Jabatan Kadisadal diserahterimakan dari Laksma TNI Maman Rohman, yang selanjutnya akan menempati jabatan Waaslog Kasal, kepada Laksma TNI Widiyantoro, sebelumnya menjabat sebagai Kadismatal.

Lalu, jabatan Kadismatal selanjutnya akan diserahterimakan oleh Laksma TNI Widiyantoro kepada Kolonel Laut (T) Suryaman, yang sebelumnya menjabat sebagai Sahli E Teklog Pok Sahli Koarmada II.

Sertijab juga dilakukan untuk posisi Kadisjarahal dari Laksma TNI Eko Gajah Seno, yang akan segera memasuki masa purnatugas, kepada Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo, sebelumnya menjabat sebagai Kabid Analisa Data Pusinfomar TNI.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])