Wanti-wanti Irjen Karyoto ke Anak Buah Jika Ada Sesuatu di TPS

Nusantaratv.com - 13 Februari 2024

Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Karyoto saat memimpin Apel Pergeseran Petugas BKO Pengamanan TPS wilayah hukum Polda Metro Jaya di Lapangan Silang Monas, Selasa (13/2/2024). ANTARA/Ilham Kausar
Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Karyoto saat memimpin Apel Pergeseran Petugas BKO Pengamanan TPS wilayah hukum Polda Metro Jaya di Lapangan Silang Monas, Selasa (13/2/2024). ANTARA/Ilham Kausar

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Kapolda Metro Jaya, Irjen Polisi Karyoto, mengingatkan personel pentingnya menjaga kewaspadaan dan profesionalisme dalam mengamankan proses Pemilu 2024.

Kapolda Karyoto menekankan perlunya tetap waspada dan fokus pada tugas pengamanan yang telah diberikan dan mengingatkan personel di lapangan untuk tidak menganggap remeh dan terlena dengan situasi yang terlihat landai.

Karyoto menyampaikan ini saat memimpin Apel Pergeseran Petugas BKO Pengamanan TPS wilayah hukum Polda Metro Jaya di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Selasa.

"Tetap laksanakan tugas sesuai pembagian tugas yang telah diberikan sehingga kehadiran kita di lokasi TPS dapat mengamankan jalannya proses pemungutan sampai perhitungan suara sampai selesai dalam kondisi yang kondusif, " katanya. Seperti dikutip dari Antara.

Karyoto juga menambahkan selama pelaksanaan pemilu, Personel yang diploting akan digeser ke seluruh wilayah jajaran Polda Metro Jaya untuk melaksanakan pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Selain itu juga terdapat personel yang disiagakan untuk mengamankan situasi kontingensi yang siap mengamankan selama proses pemungutan dan perhitungan suara.
 
Mantan Deputi Penindakan KPK tersebut juga menjelaskan, dalam proses pemungutan dan perhitungan suara agar diantisipasi terjadinya gejolak ataupun perselisihan di lapangan terkait dengan hasil perhitungan suara ataupun ketidakpercayaan kepada petugas.
 
"Saya minta anggota segera melaporkan setiap perkembangan situasi kepada pimpinan, jika terjadi perkembangan situasi peningkatan eskalasi di lapangan dan jangan sampai melakukan tindakan berlebihan," katanya.

Dia juga meminta jajarannya melakukan koordinasi dengan anggota TNI, pihak terkait terkait serta elemen masyarakat untuk meredam naiknya suhu politik di TPS.

 
Karyoto juga menegaskan kepada anggota untuk melakukan analisis serta pemetaan terhadap tempat TPS, memahami kerawanan dan potensi gangguan di setiap lokasi TPS tersebut.
 
Koordinasi selalu dengan petugas di TPS dan jangan melakukan hal-hal kontraproduktif yang dapat menyudutkan institusi Polri maupun TNI.

"Pesan saya untuk menjaga netralitas kita dengan menjauhi tindakan yang dapat mendeskriditkan kita, berpihak ke salah satu paslon atau partai politik," katanya.

Apel tersebut diikuti sebanyak 7.706 personel gabungan yang terdiri dari 6.506 personel Polri dan 1.200 personel TNI.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])