Kantung Udara Bermasalah, Subaru Recall 118.000 Kendaraan

Nusantaratv.com - 27 Maret 2024

Logo Subaru ditampilkan di Tokyo Motor Show, di Tokyo, Jepang, pada 23 Oktober 2019. (Foto: Dok/Soe Zeya Tun/Reuters)
Logo Subaru ditampilkan di Tokyo Motor Show, di Tokyo, Jepang, pada 23 Oktober 2019. (Foto: Dok/Soe Zeya Tun/Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Subaru melakukan penarikan kembali (recall) terhadap 118.000 kendaraan SUV (sport utility vehicle) dan sedan di Amerika Serikat (AS).

Penarikan kembali kendaraan tersebut dilakukan karena adanya masalah pada sensor yang dapat mencegah kantung udara mengembang saat terjadi kecelakaan.

Hal itu disampaikan Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (National Highway Traffic Safety Administration/NHTSA) pada Rabu (27/3/2024), seperti dilansir dari Reuters

Penarikan kembali ini mencakup berbagai model produksi 2020 hingga 2022, Subaru Outback dan Legacy. Recall ini merupakan yang ketiga kalinya karena masalah yang sama pada suku cadang yang diproduksi oleh pemasok yang sama. 

"Kapasitor pada sensor Occupant Detection System (ODS) bisa retak dan mengalami korsleting, yang bisa mencegah kantung udara penumpang depan mengembang saat terjadi kecelakaan,” kata NHTSA.

Dealer akan mengganti sensor ODS di kursi penumpang bagian depan untuk mengatasi masalah ini. Subaru mengatakan pihaknya mengetahui 23 laporan teknis dan 253 klaim garansi terkait kondisi ini tetapi tidak ada kecelakaan atau cedera akibat masalah ini.

Diketahui, Toyota pada Desember juga menarik kembali 1,12 juta kendaraan, sementara Honda menarik kembali 750.000 kendaraan pada Februari terkait masalah ini.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])