Kalau Lakukan Ini, RI Kata Sri Mulyani Bisa Jadi Negara Maju

Nusantaratv.com - 17/06/2022 09:12

Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Net)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Net)

Penulis: Yusuf

Nusantaratv.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani menilai Indonesia bisa menjadi negara maju seperti Korea Selatan (Korsel). Tapi ada syarat yang harus dipenuhi untuk mencapai itu. 

Menurut dia, syarat utama tersebut ialah memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni. Inilah yang saat ini fokus diperbaiki oleh pemerintah.

"Jadi melalui nonton itu Anda melihat oh Korsel maju ya, gedungnya tinggi-tinggi, infrastruktur bagus. Nah Indonesia bisa dan memiliki potensi besar untuk terus mengejar kemajuan itu. Namun salah satu syaratnya adalah produktivitas manusia," ujar Sri Mulyani dalam Rakornas Kemendagri, Kamis (16/6/2022). 

Dia mengatakan untuk mencapai SDM yang berdaya saing dan hebat, pemerintah telah mengalokasikan anggaran yang begitu besar melalui pendidikan, kesehatan dan jaminan sosial.

Anggaran pendidikan setiap tahunnya ditetapkan sebesar 20 persen dari total belanja APBN. Tahun ini untuk pendidikan tercatat sebesar Rp621,3 triliun.

Lalu, anggaran kesehatan ditetapkan sebesar 5 persen dari total belanja APBN. Namun, pada tahun ini alokasi anggaran kesehatan naik 9,4 persen menjadi Rp255,3 triliun karena covid-19.

Bahkan dalam kondisi tersulit sekalipun seperti saat munculnya pandemi covid-19, pemerintah tidak mengurangi sedikitpun anggaran di tiga sektor tersebut. Justru malah ditambah seperti untuk kesehatan dan jaminan sosial.

"Ini tiga area yang sangat mempengaruhi kualitas SDM kita," kata Sri Mulyani. 

Atas itu, ia berharap para kepala daerah bisa ikut mendukung pemerintah pusat dalam kebijakan peningkatan kualitas SDM.

Karena, daerah lah yang menyalurkan anggaran ini kepada masyarakatnya seperti untuk gaji guru, bantuan siswa serta honorer di daerah.

"Ini perlu dapat perhatian karena mereka adalah yang menjadi kunci apakah masyarakat kita, anak-anak kita akan menjadi anak-anak yang bisa belajar, meningkat produktivitasnya, sehat, tidak sakit dan dia akan menjadi generasi yang terus maju untuk bisa mengejar kemajuan yang kita ingin capai. Nah ini jadi penting," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in