Kabareskrim ke Kapolda: Reskrim di Sentra Gakkumdu Jangan Dimutasi!

Nusantaratv.com - 21/09/2022 07:17

Kabareskrim Komjen Agus Andrianto. (Net)
Kabareskrim Komjen Agus Andrianto. (Net)

Penulis: Yusuf

​​​​​Nusantaratv.com - Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto meminta semua Kapolda menempatkan anggota reskrim terbaik di Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Ini dilakukan guna menangani tindak pidana pemilu.

"Kemudian khusus kepada para Kasatwil, jajaran kepolisian melalui Dirkrimum, tolong sampaikan pesan kepada Pak Kapolda bahwa tempatkan anggota reskrim yang cakap dan memiliki integritas moral yang tinggi, serta pilih yang terbaik untuk ditempatkan pada Sentra Gakkumdu," kata Agus di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (19/9/2022). 

Lalu, ia juga meminta para anggota reskrim yang ditempati di Sentra Gakkumdu tidak dimutasi. Ini disebabkan agar komunikasi dan koordinasi lebih mudah.

"Kedua, mohon kepada anggota yang ditempatkan disana untuk tidak dilakukan mutasi sehingga komunikasi dan koordinasi supaya bisa terus berjalan tiap waktu. Kemudian tidak memberikan tugas lain kepada anggota tersebut," kata Agus.

"Ajukan penghargaan secara berjenjang atas kinerja penyidik, penyidik pembantu, yang berprestasi agar bisa mengikuti pendidikan pembentukan atau pengembangan yang lebih tinggi serta promosi jabatan sesuai peraturan yang berlaku," imbuhnya.

Lalu, Agus juga menyinggung masa kampanye yang seharusnya menjadi sarana informasi bagi masyarakat untuk menentukan pilihan. Dia menyebut tugas dari Gakkumdu adalah mencegah adanya kampanye digunakan untuk mengkapitalisasi politik identitas dan isu sara yang berpotensi menimbulkan keretakan sosial.

"Indonesia dengan multikultur dan kemajemukan masyarakatnya harus tetap kita jaga. Kepentingan bangsa dan negara harus tetap menempati urutan pertama dan hal ini perlu mendapat perhatian khusus kita semua. Dalam wadah Sentra Gakkumdu yang terdiri dari unsur Bawaslu, Polri, dan Kejaksaan, dimana pembentukannya memiliki tujuan menyamakan pemahaman dan pola penanganan tindak pidana pemilu, sangat berperan penting dalam penyelenggaraan pemilu ini," papar dia.

Menurut dia, dalam pelaksanaan pemilu keadilan merupakan roh penyelenggara pemilu. Sedangkan penanganan pelanggaran pemilu merupakan mahkotanya.

"Oleh karena itu, tidak kalah pentingnya peningkatan sinergitas antar unsur-unsur sentra gakkumdu untuk mewujudkan terselanggaranya pemilu secara jujur dan adil," tandas Agus.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in