Jonatan Bangkit Dari Ketertinggalan Menuju 16 Besar Indonesia Masters

Nusantaratv.com - 25/01/2023 15:16

Arsip - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie memukul kok ke arah tunggal putra China Zhao Jun Peng dalam babak 16 besar Indonesia Open 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (16/6/2022). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp)
Arsip - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie memukul kok ke arah tunggal putra China Zhao Jun Peng dalam babak 16 besar Indonesia Open 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (16/6/2022). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Tunggal putra Jonatan Christie lolos ke babak 16 besar Indonesia Masters 2023 meski terlebih dulu tertinggal pada gim pertama saat menghadapi pebulu tangkis Irlandia Nhat Nguyen, Rabu.

Pada pertandingan yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Jonatan bermain selama 67 menit yang dihabiskan dalam tiga gim 21-23, 21-11, 21-6.

Pertandingan yang semula diperkirakan berlangsung mudah ternyata harus dilalui dengan persaingan sengit sejak awal laga.

Skor Jonatan dan Nhat terus berkejaran, bahkan poin wakil tuan rumah sempat tertinggal pada skor 6-8. Beruntung Nhat menciptakan pengembalian yang salah sebanyak dua kali setelah bermain reli dengan Jonatan.

Akan tetapi Jonatan masih belum menemukan pola terbaiknya. Ia juga melakukan sejumlah kesalahan sendiri sehingga tertinggal 9-11.

Masuk interval kedua, kedua pemain masih berusaha mencari pola permainan terbaik. Kali ini giliran Nhat yang tak bisa menjaga konsistensi permainan dengan kembali membuat kesalahan yang menguntungkan Jonatan.

Jonatan melihat peluang untuk memberi tekanan pada Nhat. Ia berusaha lebih sabar dan menanti peluang yang tepat untuk mematikan lawan.

Poin kritis terjadi saat Nhat mengejar satu poin untuk mengimbangi 19-19. Jonatan pun membalas dengan menambah satu poin untuk mencapai gim poin.

Lagi-lagi Nhat turut mengejar dan menyamakan kedudukan menjadi 20-20. Kejar-mengejar skor terus terjadi dan menambah ketegangan kedua pemain.

Pada fase ini, Jonatan kalah telaten dari Nhat yang terus mengejar kok dan melakukan pengembalian. Hasilnya gim pertama dimenangkan wakil Irlandia dengan skor 21-23.

Kemudahan akhirnya dinikmati Jonatan pada gim kedua, yang cukup mudah mendulang keunggulan 9-4 dari Nhat. Keunggulan tersebut ditambah dengan poin gratis yang diterima Jonatan berkat kesalahan pengembalian dari lawan.

Jonatan bermain lebih nyaman pada gim kedua, ia mampu mendulang kemenangan dengan selisih skor terpaut jauh yaitu 21-11.

Jonatan baru menemukan pola terbaiknya pada gim ketiga. Secara cepat ia mampu menggandakan keunggulan dengan skor 9-2 atas Nhat.

Saat Jonatan semakin agresif, sebaliknya permainan Nhat justru menjadi tidak terkontrol. Beberapa kali ia gagal melakukan pengembalian seperti kok yang menabrak net atau keluar lapangan.

Hingga skor 17-4, Jonatan masih belum terhentikan. Peluang Nhat untuk menambah poin sangat kecil, sedangkan Jonatan terus memberikan umpan-umpan sulit agar tak bisa dijangkau lawannya.

Akhirnya Jonatan menuntaskan gim ketiga dengan kemenangan skor 21-6 dan mengantarnya pada pertemuan kontra Shesar Hiren Rhustavito di babak 16 besar turnamen level BWF Super 500 itu.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in