Jokowi Resmikan Bendungan Multifungsi Randugunting Senilai Rp880 Miliar di Blora

Nusantaratv.com - 07 Januari 2022

Jokowi resmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Jateng/ist
Jokowi resmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Jateng/ist

Penulis: Ramses Manurung

Kabupaten Blora, Nusantaratv.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Rabu (5/1/2022). 

Turut hadir mendampingi Jokowi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Tengah dan Bupati Blora Arief Rohman. 

Bendungan yang dibangun sejak 2018 tersebut dapat mengairi 650 hektar sawah yang ada di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Blora, Kabupaten Pati dan Kabupaten Rembang. Pembangunannya menggunakan dana APBN 2018-2022 sebesar Rp880 miliar. 

Bendungan Randugunting memiliki kapasitas tampung air sebanyak 14,4 juta meter kubik dan memiliki luas genangan 187,19 hektar.

Baca juga: Jokowi Resmikan Bendungan Paselloreng Sulsel 

Bendungan tak hanya memiliki manfaat untuk pengairan sawah, namun juga memiliki multifungsi, seperti diberitakan program Nusantara Pagi di Nusantara TV, Jumat (7/1/2022).

Bendungan ini memiliki sejumlah fungsi seperti penyediaan air baku sebanyak 200 liter per detik dan reduksi banjir sebanyak 81,42 meter kubik per detik. Tak hanya itu, Bendungan Randugunting juga memiliki fungsi konservasi dan pariwisata.

Jokowi berharap kehadiran Bendungan Randugunting dapat menjadikan ketahanan pangan dan kemandirian pangan menjadi makin baik.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga menjajal Perahu Wisata Naga sejauh 150 meter di Bendungan Randugunting.

     


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])