Jokowi Ketemu Zelensky, Lokasi Pertemuan Dekat Medan Perang Ukraina Vs Rusia?

Nusantaratv.com - 24 Juni 2022

Korban perang Rusia-Ukraina. (Net)
Korban perang Rusia-Ukraina. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan ke Ibu Kota Ukraina, Kyiv, guna bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Pertemuan berlangsung di tengah perang dengan Rusia yang masih terus berkecamuk.

Kendati perang antara Rusia dan Ukraina masih berlangsung, sudah tak ada lagi pertempuran di Kyiv. Saat ini, Rusia memusatkan serangannya di wilayah selatan dan timur Ukraina, seperti Mykolaiv, Kharkiv, dan Donbas.

Menurut perhitungan Google Maps, jarak Kyiv ke Donbas sekitar 849 kilometer. Apabila ditarik contoh wilayah di Indonesia, jarak kedua kawasan itu seperti dari Jakarta ke Surabaya.

Sementara, jarak dari Kyiv ke Kharkiv diperkirakan sekitar 489 kilometer, seperti dari Jakarta ke Semarang. Kyiv dan Mykolaiv sendiri berjarak 492 kilometer.

Walau jauh dari medan perang, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) tetap mempersiapkan perlindungan bagi Jokowi, mulai dari helm hingga rompi antipeluru. Peralatan itu dapat dipakai jika diperlukan.

Komandan Paspampres RI, Tri Budi Utomo, juga menyatakan pihaknya sudah menyiapkan 39 personel. Mereka yang diterjunkan pernah menempuh pendidikan di Komando Pasukan Khusus, Denjaka, hingga Paskhas.

Guna memastikan kedatangan dan keamanan delegasi Jokowi, Paspampres bahkan akan mengirim 10 orang ke Kyiv pada pekan ini.

Sebelum Jokowi ke Ukraina, sejumlah pemimpin negara Barat juga pernah berkunjung ke Kyiv, mulai dari Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson; Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki; Kanselir Jerman, Olaf Scholz; hingga Presiden Prancis, Emmanuel Macron.

Berdasarkan foto yang beredar, para pemimpin negara tersebut cuma mengenakan jas, sebagaimana kunjungan resmi biasanya. Mereka tidak memakai helm maupun rompi antipeluru.

Usai melawat ke Ukraina, Jokowi juga dipastikan berkunjung ke Rusia untuk bertemu Presiden Vladimir Putin.

Beberapa pengamat menilai kunjungan orang nomor satu di Indonesia tersebut demi melancarkan agenda G20 di tengah perang yang berkecamuk di Eropa Timur, apalagi Rusia merupakan anggota blok itu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])