Jepang Operasikan Kendaraan Mode Ganda Pertama di Dunia, Bus atau Kereta Api?

Nusantaratv.com - 27 Desember 2021

Jepang menghadirkan kendaraan mode ganda pertama di dunia pada Sabtu (25/12/2021). (Kyodo)
Jepang menghadirkan kendaraan mode ganda pertama di dunia pada Sabtu (25/12/2021). (Kyodo)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Jepang resmi mengoperasikan kendaraan mode ganda (dual-mode vehicle/DMV) yang diklaim pertama di dunia. 

Kendaraan yang bisa beroperasi di jalan raya dan rel kereta api tersebut melakukan debut publik pada Sabtu (25/12/2021) di Kota Kaiyo, Prefektur Tokushima, Jepang.

Warga berharap layanan baru dari Asa Coast Railway itu bisa meningkatkan aksesibilitas ke tempat-tempat wisata, dan akan menarik penggemar kereta api dan lainnya ke kota.

DMV terlihat seperti minibus dan berjalan dengan ban karet biasa di jalan raya. Tapi ketika tiba di persimpangan, roda baja turun dari perut kendaraan ke rel, dan secara efektif mengubah kendaraan tersebut menjadi gerbong kereta.

Roda kereta api mengangkat ban depan keluar jalur sementara roda belakang tetap di bawah untuk mendorong DMV masuk ke jalur kereta api.

CEO perusahaan Kereta Api Asa Coast Railway yang mengoperasikan DMV, Shigeki Miura, mengatakan kendaraan itu dapat membantu kota-kota kecil seperti Kaiyo dengan populasi yang menua dan menyusut.

Perusahaan transportasi lokal di kota tersebut juga tengah berjuang untuk mendapatkan keuntungan. "Ini (DMV) bisa menjangkau warga (sebagai bus), dan membawa mereka ke rel juga," kata Miura, seperti dikutip dari Reuters, Senin (27/12/2021). 

"Terutama di daerah pedesaan dengan populasi yang menua, kami berharap ini menjadi bentuk transportasi umum yang sangat baik," lanjutnya.

DMV sanggup mengangkut hingga 21 penumpang dan berjalan dengan kecepatan 60 km/jam (37 mph) di atas rel kereta api dan dapat melaju secepat sekitar 100 km/jam (62 mph) di jalan umum, kata Asa Coast Railway.

Didukung oleh bahan bakar diesel, armada kecil kendaraan, yang datang dalam berbagai warna, akan berjalan di sepanjang bagian pantai pulau Shikoku di Jepang selatan, menghubungkan beberapa kota kecil dan menawarkan pemandangan tepi laut yang menarik bagi penumpang.

Miura berharap proyek tersebut akan mendorong penggemar kereta api dari seluruh Jepang untuk berkunjung.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])