Jepang Kembangkan Masker Canggih, Bisa Menyala Ketika Terpapar Covid-19

Nusantaratv.com - 10 Desember 2021

Warga Jepang disiplin memakai masker/ist
Warga Jepang disiplin memakai masker/ist

Penulis: Ramses Manurung

Kyoto, Nusantaratv.com-Selain vaksin, para ahli di dunia juga terus berlomba-lomba mengembangkan masker yang mampu mencegah dan melindungi dari paparan covid-19. 

Terbaru, tim ilmuwan dari Universitas Prefektur Kyoto sedang mengembangkan masker yang bisa mendeteksi paparan Covid-19. Masker canggih tersebut bisa menyala jika terpapar covid-19. 

Tim tersebut dipimpin langsung oleh presiden univeristas, Yasuhiro Tsukamoto. Pada Februari 2021 tim Tsukamoto memulai penelitian menyuntikkan virus covid-19 yang tidak aktif ke burung unta betina.

Antibodi dari telur yang dikeluarkan burung unta tersebut kemudian diekstrak. Tahap berikutnya, antibodi tersebut kemudian diintegrasikan ke dalam pewarna fluoresen.

Hasilnya, ketika pewarna itu disemprotkan ke filter masker yang dikembangkan secara khusus, kain akan menyala warna hijau untuk menunjukkan adanya paparan virus covid-19.

Tim kemudian melakukan tes awal terhadap 32 orang yang terinfeksi covid-19. Semua masker yang dipakai oleh ke-32 orang tersebut kemudian disinari dengan sinar UV.

Masker memudar seiring waktu karena potensi virus yang semakin menurun.

Tsukamoto sendiri mendapati dirinya positif Covid-19 saat mengenakan salah satu masker eksperimentalnya.

Baca juga: Studi: Obat AstraZeneca Sukses Cegah Covid-19

Untuk memastikan Tsukamoto melakukan tes PCR tradisional. 

Saat ini, Tsukamoto dan tim akan segera memperluas ukuran sampel percobaan menjadi 150 peserta.

Tujuannya agar mendapatkan persetujuan pemerintah untuk menjual masker itu tahun depan.

"Kami dapat memproduksi antibodi dari burung unta secara massal dengan biaya rendah," ujar Tsukamoto, mengutip tribunnewscom, Jumat (10/12/2021).

"Di masa depan, saya ingin membuat masker ini menjadi alat uji mudah yang dapat digunakan siapa saja," imbuhnya.

Peran Penting Masker Cegah Penularan Covid-19

Sementara itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyatakan masker memiliki peran penting dalam pencegahan penularan Covid-19.

Dikatakan, masker wajah dapat mengurangi risiko infeksi virus corona hingga lebih dari 70%. Sebagian besar penelitian, telah menemukan, beberapa lapisan kain menyaring partikel virus lebih baik daripada satu lapisan saja, dan dua lapisan kain berkualitas tinggi dengan tenunan yang rapat dapat bekerja paling baik.


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])