Jepang Keluarkan Koin 500 Yen Baru, Pertama Kalinya dalam 21 Tahun

Nusantaratv.com - 02 November 2021

Koin baru Jepang 500 yen. (Kyodo)
Koin baru Jepang 500 yen. (Kyodo)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Bank of Japan (BoJ) pada Senin (1/11/2021) mengeluarkan koin baru 500 yen. Hal itu sebagai upaya memperkuat ketahanan terhadap koin palsu.

Ini adalah penerbitan koin pertama dalam 21 tahun. "Koin baru tidak berbeda secara substansial dari desain sebelumnya tetapi dicetak dalam dua warna dan memiliki ukiran di tepi bagian dalam sebagai bagian dari upaya untuk mencegah pemalsuan," demikian laporan kantor berita Kyodo.

Sebelumnya, Kementerian Keuangan Jepang mengatakan pihaknya berencana menerbitkan 200 juta koin baru pada akhir tahun fiskal 2021. Sementara itu, sekitar 5 miliar koin 500 yen saat ini tetap berlaku.

Diketahui, pemerintah Jepang awalnya berencana meluncurkan koin baru pada paruh pertama tahun fiskal 2021. Namun, peluncurannya mengalami penundaan akibat pandemi virus corona dimana mesin tiket di stasiun kereta api maupun anjungan tunai madiri (ATM) masih belum siap menerima transaksi dengan uang koin. 

Di sisi lain, Jepang juga berencana merilis uang kertas baru pada 2024 untuk pertama kalinya dalam dua dekade.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])