Jelang Pileg 2024, Masyarakat Perlu Cek Rekam Jejak Calon Anggota DPR

Nusantaratv.com - 13 Februari 2024

Kepala Biro Pemberitaan Parlemen DPR RI Indra Pahlevi, saat mengikuti diskusi publik bekerja sama dengan Tempo Media di Ruang Abdul Muis, Jakarta, Senin (12/2/2024). Foto: Farhan/nr
Kepala Biro Pemberitaan Parlemen DPR RI Indra Pahlevi, saat mengikuti diskusi publik bekerja sama dengan Tempo Media di Ruang Abdul Muis, Jakarta, Senin (12/2/2024). Foto: Farhan/nr

Penulis: Bagas Adi Pangestu

Nusantaratv.com - Jelang Pemilu 2024 khususnya Pemilihan Legislatif (Pileg), pola kebiasaan masyarakat untuk mencari tahu, rekam jejak hingga sikap politik Calon Anggota DPR memang perlu dikembangkan. Terlebih kini media internet, media sosial banyak membuka ruang untuk hal tersebut salah satunya termasuk website dpr.go.id yang banyak memberikan informasi tentang kinerja anggota dewan. Mulai adanya berita, risalah rapat, siaran langsung atau rekaman rapat bisa menjadi rujukan sebelum, menetapkan pilihan dalam Pemilu.

Hal inilah, ungkap Kepala Biro Pemberitaan Parlemen DPR RI Indra Pahlevi, yang kemudian melatarbelakangi Biro Pemberitaan Parlemen menggelar diskusi publik ‘Pemilu Legislatif: Bijak Memilih, Pasti Terwakili’ bekerja sama dengan Tempo Media yang digelar di Ruang Abdul Muis, Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (12/2/2024).

DPR, tandas Indra, khususnya Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI memang perlu berperan dalam memberi masukan, mengingatkan terutama kepada pemilih muda, Gen Z dan milenial untuk cermat dalam memilih dalam Pemilu. Mengingat, data KPU dari total 204 juta lebih daftar pemilih tetap (DPT) dalam Pemilu 2024 ini,

“56 persen diantaranya Gen Z dan milenial. Saya yakin terutama generasi muda, gen milenial yang datang mengikuti diskusi ini adalah generasi yang mencari tahu, ingin mendalami calon anggota legislatif peserta Pemilu sebelum nyoblos di bilik suara 14 Februari nanti,” tutur Indra.

Indra meyakini, diskusi publik yang digelar antara Biro Pemberitaan Parlemen bersama Tempo tersebut dapat memberikan pandangan jernih serta informasi yang mencerdaskan publik seperti apa wakil rakyat yang seharusnya mereka pilih untuk menjadi representasinya selama lima tahun ke depan. Terlebih, diskusi tersebut dihadiri kurang lebih dari 200 orang sebagian besar Gen Z dan Milenial, mahasiswa, alumni Parlemen Remaja.

Turut hadir Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen DPR RI Fadli Zon, Anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifa Amaliah, Sekjen DPR RI Indra Iskandar, Deputi Bidang Persidangan Suprihartini, Deputi Bidang Administrasi Sumariyandono, Peneliti Komunikasi dan Media yang merupakan Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI serta juga tercatat sebagai salah satu dosen pengajar di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Kunto Adi Wibowo dan Direktur Tempo Media Group Wahyu Dhyatmika dan segenap wartawan Koordinatoriat Wartawan Parlemen.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])