Jayawijaya Minta Pendamping Desa Bantu Pelaporan Penggunaan Dana Desa

Nusantaratv.com - 06 Desember 2022

Warga kampung berkumpul di halaman kantor distrik di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan. (ANTARA/Marius Frisson Yewun)
Warga kampung berkumpul di halaman kantor distrik di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan. (ANTARA/Marius Frisson Yewun)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya di Provinsi Papua Pegunungan meminta para petugas pendamping desa membantu mempercepat pelaporan penggunaan dana desa tahap kedua di 318 kampung/desa di wilayahnya agar pemerintah bisa segera menyalurkan dana desa tahap ketiga.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Jayawijaya Lepinus Gombo di Wamena, Selasa, mengatakan bahwa sebagian besar kampung belum menyerahkan laporan penggunaan dana desa tahap kedua sehingga pemerintah belum bisa menyalurkan dana desa tahap selanjutnya.

"Kami minta pendamping desa mengarahkan kepala kampung untuk segera menyusun laporan yang diminta agar kita bisa masukkan dalam aplikasi sebagai laporan kepada pemerintah pusat," katanya.

Ia mengatakan bahwa semestinya laporan penggunaan dana desa tahap kedua dan rencana kerja pembangunan kampung tahun tahun 2023 dari semua kampung sudah disampaikan ke pemerintah. 

Namun, ia melanjutkan, baru sebagian kecil dari 328 kampung di Jayawijaya yang telah menyampaikan persyaratan pencairan dana desa tahap ketiga yang mencakup laporan penggunaan dana desa.

"Di Jayawijaya baru lima hingga 10 kampung yang sudah memasukkan persyaratan mutlak untuk pencairan," katanya.

Lepinus mengatakan bahwa pemerintah kampung diharapkan dapat menggunakan dana desa untuk membangun usaha yang bisa mendatangkan manfaat ekonomi dalam jangka panjang bagi warga.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])