Jawa Timur Siap Laksanakan ASO

Nusantaratv.com - 02 September 2021

Talkshow Jawa Timur Siap Lakukan ASO
Talkshow Jawa Timur Siap Lakukan ASO

Penulis: Alamsyah | Editor: Alamsyah

Nusantaratv.com - Menjelang pelaksanaan Analog Switch Off (ASO) pada 2 November 2022, sejumlah provinsi tengah bersiap untuk melakukan migrasi TV analog ke digital. Salah satu provinsi yang menyatakan sudah siap untuk melakukan ASO yakni Jawa Timur (Jatim).

Kesiapan Jatim melaksanakan ASO disampaikan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak dalam talkshow bertajuk "Jawa Timur Siap Analog Switch Off (ASO)" Kamis (2/9).

"Memang industri broadcasting memiliki dampak yang luar biasa. Kita meyakini migrasi ke digital akan meningkatkan kualitas dari layanan sektor pertelevisian kepada masyarakat dengan mengoptimalkan penggunaan dari frekuensi. Kami di Jawa Timur sangat antusias dengan migrasi analog ke digital ini." ujar Emil Dardak mewakili Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Kamis (2/9).

Dukungan Jawa Timur untuk segera melakukan ASO juga disampaikan Ketua DPRD Jatim Kusnadi. Menurut Kusnadi, DPRD Jatim mendukung penuh pelaksanaan ASO tersebut.

"Kami tentu akan selalu mendukung upaya yang dilakukan oleh pemerintah yang nantinya akan meningkatkan kesejahteraan rakyat." Kata Kusnadi.

Sebagai kesiapannya, DPRD Jatim sendiri sudah menjalin kemitraan strategis dengan komisi penyiaran Indonesia provinsi Jawa Timur yang telah dibentuk pada 2004 lalu.

"Kami juga berharap seluruh stakeholder, KPID serta lembaga penyiaran turut aktif dalam mensosialisasikan pemberlakuan TV digital di Jawa Timur." Sambung Kusnadi. 

Sementara menurut Sekjen Kemkominfo Mira Tayyiba, migrasi analog ke digital disebutkan banyak memberi manfaat.

"Manfaatnya antara lain efisiensi spektrum frekuensi, efisiensi infrastruktur industri penyiaran, peningkatan kualitas siaran, mempertahankan diver city of ownership, menumbuhkan industri konten dan mendapatkan digital deviden." Terang Mira Tayyiba.

Mira menambahkan, terkait provinsi Jawa Timur sendiri terbagi ke dalam 10 wilayah layanan  siaran. Proses ASO akan dilakukan secara bertahap.

"Tahap pertama pada 30 April 2022 untuk 5 layanan siaran yang meliputi Jatim 3, 4, 5, 6 dan 10. Tahap 2 akan dilakukan pada 25 Agustus 2022 untuk satu layanan siaran yaitu Jatim 1. Tahap 3 tanggal 2 November 2022 dilaksanakan untuk 4 layanan siaran yang meliputi Jatim 2, 7, 8 dan 9." Lanjut Mira.

Talkshow dipandu Tenaga Ahli Kemkominfo, Lathifa Al Anshori. Hadir di talkshow sejumlah nara sumber antara lain, Ketua DPRD Jawa Timur Kusnadi, Ketua KPID Jatim A. Afif Amrullah, kepala stasiun TVRI Jatim Akhbar Sahidi, Dekan universitas Bina Nusantara Hardijanto, Asistten to CEO Media grup news Wayan Eka Putra dan Direktur Penyiaran Kemkominfo Geryantika Kurnia.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])