Jakarta Dessert Week 2022: Diwarnai Ratusan Produk Edisi Terbatas Lebih dari 100 Restoran & Pelaku Usaha

Nusantaratv.com - 29 November 2022

Panitia lakukan foto bersama disela-sela acara Jakarta Dessert Week (JDW)
Panitia lakukan foto bersama disela-sela acara Jakarta Dessert Week (JDW)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com – Untuk memeriahkan hari jadinya yang ke-4, Jakarta Dessert Week (JDW) menggelar pesta secara hybrid dimulai dari tanggal 28 November hingga 11 Desember 2022. Gelaran yang diusung berbeda tahun ini menjadikan besarnya angka partisipan, dimana ada 105 F&B retail terdiri dari UKM, UMKM, hingga korporasi.

JDW adalah festival dessert dan pastry terbesar di Indonesia yang bertujuan mendukung ekosistem industrinya di Jakarta dengan memberikan ruang kreatif bagi pelaku. Pemilihan restoran hingga toko kue berdasarkan proses kuratorial, dengan penilaian mencakup kualitas produk, narasi, dan eksistensinya. Jakarta Dessert Week ini diharapkan mampu memberi panggung dan lampu sorot pada para pelaku sektor dessert dan pastry yang sering luput dari perhatian publik. Sebagai platform, JDW juga diharapkan mampu menjadi strategi menempatkan Jakarta dan Indonesia dalam lanskap industri dessert global.  

Tahun ini, JDW  kembali menjalankan format originalnya sebagai sebuah festival restaurant week, mengajak publik berkeliling kota dan berburu produk limited edition. Demi mendorong mobilitas publik, JDW mengajak publik mengumpulkan cap jajan berhadiah standing mixer impian hingga menginap di hotel luks. 

Tak semata perayaan bagi industri restoran, JDW juga membuka halaman khusus di Tokopedia. Selain mengubah JDW menjadi lebih inklusif, format online juga mematangkan kurva belajar para pelaku dalam mengembangkan produk delivery-friendly. 

UKM/UMKM berbasis online dirangkul untuk bersama-sama hadirkan produk limited edition. Restoran fisik yang memiliki akun e-commerce juga diajak berjualan di sini. Hadir cashback, diskon ongkir, hingga flash sale persembahan Tokopedia. 

Penjualan secara digital memang menjanjikan. Beau Bakery misalnya, telah merasakan manisnya revenue stream dari penjualan secara digital. Telah dibangun divisi e-commerce, serta perkembangan pengetahuan para chef dalam memahami karakter produk yang laku di ranah dine-in VS delivery. 

JDW terpilih sebagai Karisma Event Nusantara 2022

Melihat dampak positif yang dibawa JDW dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, baik dari sisi kontribusi ke sektor kuliner maupun membangun citra Jakarta sebagai berpusatnya industri restoran dan pelaku ekonomi kreatif, JDW di 2022 kembali dinobatkan sebagai salah satu Karisma Event Nusantara (KEN) 2022 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Karisma Event Nusantara (KEN) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendorong kebangkitan ekonomi kreatif di Indonesia. Adanya event parekraf ini diharapkan dapat membantu memulihkan perekonomian nasional yang terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Bukan sembarang event, festival-festival yang lolos Karisma Event Nusantara 2022 melalui tahapan kurasi. Tujuannya, menyaring, dan mendapatkan kegiatan (event) yang berkualitas. Sehingga, bentuk pendukungan yang diberikan pada Jakarta Dessert Week pun akan lebih jelas dan terukur. Di tahun ini pula Jakarta Dessert Week mencoba menyusun sebuah impact report yang berisi laporan dan rangkuman dampak positif yang dibawa JDW baik ke pelaku sektor maupun ekonomi secara umum.


 
JDW Angkat “Diversity” Sebagai Tema 2022

Adanya produk limited edition menjadi sarana kreatif para seniman dapur. Konsumen diharapkan akan senang berbagi pengalaman jajannya di ranah media sosial. Tagar tahun ini #JDW2022. 

Sebagai landasan mengembangkan produk limited edition, para chef ditantang mengambil inspirasi dari diversity, dalam kaitannya dengan keberagaman budaya di Indonesia maupun luar negeri. Pertukaran rasa antar budaya memang tengah menonjol di pelaku masa kini. 

Kuratorial ditangani para Co-Founder JDW: Talita Setyadi, Gupta Sitorus, Kevindra Soemantri, Tria Nuragustina, dan Primo Rizky. Kategori produk mencakup bread, pastry, cookies, cake, entremet, hingga ice cream. Berikut yang lolos kurasi: 

JDW juga membuka kesempatan terjadinya interaksi antara brand internasional dengan talenta lokal. Publik bisa menikmati menu kolaborasi dari: 

1. Kraft Cheddar  & Kraft Quick Melt 

Carlino Bakes
 Mamitoko Store 
Titik Temu (Sarinah)
 Tomaple Gourmet Potato Donuts 

2.  Oreo

Let’s Go Gelato
Colette & Lola x Oreo - Crumbs 

3. Cadbury Dairy Milk
Colette & Lola 
Tomaple Gourmet Potato Donuts 

Belajar Baking Sambil Live Shopping

Era digital memungkinkan JDW berbagi keseruan dengan audiens di luar Jakarta. 

Secara live streaming di Tokopedia Play, JDW memperlihatkan cara memproduksi dessert dan pastry berkualitas dari para celebrity chef. Streaming dari platform e-commerce memberi kelebihan fitur live shopping, mendukung upaya JDW dalam meningkatkan penjualan UKM/UMKM online. 

Yang unik, adanya kehadiran konten kreator resep di antara jajaran celebrity chef. Viewers gen-z yang mendominasi Tokopedia Play akan dimanjakan dengan penampilan Gaby Felicia, homebaker yang terkenal melalui akun @behindTheGab di TikTok. Ada juga Irene Hartono, alias ‘Icen’ @icenguik, fotografer dengan hobi baking yang foto-foto kerennya di Instagram membawanya menjadi Instagram sensation dan menjadi baking instructor. Penggemarnya termasuk banyak pastry chef di industri. 

Berikut jadwal baking and dessert demo di Tokopedia Play:


Hadir pula tiga offline events yang memeriahkan dua pekan JDW: 

7 November 2022 di KitchenAid - Ashta at District 8 
Sesi 1: Baking demo “Fatcaron Rasa Indonesia” bersama Pastry Chef Kim Pangestu  
Sesi 2: “Bean to Bar - Chocolate Class” bersama Tissa Aunilla - Pipiltin Cocoa 

8 November 2022 di Podomoro University 
Seminar dan demo “Introduction to the History of Indonesian Traditional Desserts” bersama Hardian Eko Nurseto (antropolog pangan/ MasterChef Indonesia S6) dan Pastry Chef Kesia Putri 

Jajan Online dan Offline, Semua Ada Hadiahnya!

Publik ajak berburu dessert dan mengumpulkan cap jajan di restoran, kafe, dan toko kue terkurasi. Hadiah untuk diperebutkan adalah 1 standing mixer KitchenAid; 2 hand mixer KitchenAid; 3 food processor KitchenAid; 2 Tanita - Kitchen Scale 3kg/0.1gr (Kumala Home & Kitchen); 3 Duralex Ovenchef Loaf Dish (Kumala Home & Kitchen); dining voucher di Alice - The Langham Jakarta; 2 staycation voucher di The Langham Jakarta; dan 2 staycation voucher di The Fairmont Jakarta.  

Berikut mekanisme offline: 

  1. Belanja produk limited edition di +60 restora/ kafe/ pastry shop yang berpartisipasi 
  2. Tiap pembelian 1 porsi limited edition raih 1 cap jajan. Cap akan diberikan pada Stamp Card
  3. Stamp Card dibawa ke destinasi berikut Anda
  4. Stamp Card yang sudah terisi penuh ditaruh ke dalam Drop Box yang tersebar di 4 titik:
  •  Jakarta Pusat : Carlino Bakes, Menteng
  •  Jakarta Selatan: Beau Bakery - Panglima Polim 
  • Jakarta Utara: Pepita, Kelapa Gading 
  • Jakarta Utara: Oma Elly, PIK 

 

Pembelanja online akan diajak ikut bermain TopQuest, sebuah fitur games di Tokopedia: 

Instant reward: 

  • Bagi pembelanja minimal Rp200.000 (@ Rp100.000 di tiap merchant JDW) raih cashback Tokoped
  • Jumlah pemenang tidak dibatasi
  • Satu user account hanya bisa 1 kali memenangkan Quest

Reward tambahan: Lima (5) akun yang tercepat menyelesaian Quest menangkan reward tambahan: 

  •  2 Tanita - Kitchen Scale KJ-213.2 2kg/1gr (Kumala Home & Kitchen)
  • 3 Duralex - Ovenchef Rectangular Roaster (Kumala Home & Kitchen)

JDW berlangsung dengan dukungan media partner, yakni, Jakarta Vegan Guide, NOW! Jakarta, FoodieS, MRA Media, Femina, Gadis, What’s New Jakarta, MasakTV, Tastemade Indonesia, Feastin’, Ray Janson Radio Podcast, Manual, Gen FM

Serta, community partner, yakni Parti Gastronomi, Jalansutra, dan Lambakers. 

JDW tahun ini didukung oleh sponsor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Mondelez, dan Pipiltin Cocoa. Partner tahun ini adalah Tokopedia, Urban Forest Cipete, KitchenAid, Kumala Home & Kitchen, Sugar World Academy, Podomoro University, Endorphins, Paris Baguette, dan FlexyPack.

KONTAK MEDIA
Kontak JDW : Samudera Novi di info@jakartadessertweek.com / 0812 8046 5149 
Kontak Tokopedia: Divisi Public Relations Tokopedia di pr@tokopedia.com 
 
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])