Istri Pj Gubernur DKI Beri Nama Dua Komodo di Taman Margasatwa Ragunan

Nusantaratv.com - 26 Mei 2023

Istri Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Mirdiyanti saat berada di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Jumat (26/5/2023). ANTARA/Luthfia Miranda Putri
Istri Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Mirdiyanti saat berada di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Jumat (26/5/2023). ANTARA/Luthfia Miranda Putri

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Istri Penjabat Gubernur DKI Jakarta Mirdiyanti memberi nama dua komodo yang baru bergabung di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, dengan nama Polita (betina) dan Juma (jantan).

"Singkatannya komodo dua itu PJ, yakni Polita dan Juma. Polita berarti cerdas dan Juma merupakan Jumat Berkah," kata Mirdiyanti saat ditemui di Jakarta, Jumat.

Mirdiyanti berharap dua nama pada komodo berusia empat tahun ini bisa membawa keberkahan untuk Taman Margasatwa Ragunan.

Dia turut mengapresiasi pihak Taman Margasatwa Ragunan yang selalu merawat kebun binatang tersebut layaknya tempat yang memang harus dijaga kebersihannya.

Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan Endah Rumiyati menambahkan, kedatangan komodo itu merupakan hasil kerja sama antarlembaga konservasi Taman Margasatwa Ragunan dan Taman Safari Indonesia.

Menurut Endah, setelah melalui masa adaptasi yang cukup, komodo tersebut sudah nyaman berada di kandangnya dan mulai terlihat aktif berkeliling untuk mengenal wilayah teritorialnya.

Kedua komodo tersebut lahir pada Kamis (21/3/2019) di Taman Safari Indonesia (TSI) sehingga saat ini komodo tersebut telah berusia sekitar empat tahun.

"Untuk ukuran usia tersebut komodo masih termasuk usia muda dan mereka akan siap bereproduksi di usia lima tahun," ujar Endah.
 
Dia berharap kegiatan ini akan terus dilakukan rutin setiap tahun dan berharap komodo bisa menjadi salah satu satwa favorit untuk pengunjung dan dapat berkembang biak di Taman Margasatwa Ragunan.

"Kami juga melakukan giat santunan anak yatim Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) dengan memberikan rekening tabungan Rp500 ribu," ujar Endah.

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta Bayu Meghantara mengharapkan dengan adanya satwa baru ini bisa menambah jumlah pengunjung.

"Insya Allah kita akan dapat singa baru nih kerja sama dengan konservasi di Garut. Semoga ini menjadi alternatif bagi masyarakat DKI Jakarta untuk berlibur dan edukasi flora-fauna," kata Bayu.

Saat ini Taman Margasatwa Ragunan dihuni 2.275 ekor satwa serta ditumbuhi lebih dari 20.000 pohon.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])