Israel Serang Balik, Penerbangan Dialihkan dari Wilayah Udara Iran

Nusantaratv.com - 19 April 2024

Ilustrasi rudal (Unsplash)
Ilustrasi rudal (Unsplash)

Penulis: Tasya Paramitha

Nusantaratv.com - Rudal-rudal Israel telah menghantam sebuah lokasi di Iran, pada Kamis malam, 18 April 2024 waktu setempat, kata pejabat AS, dikutip dari ABC News.

Serangan balik ini diluncurkan Israel beberapa hari setelah Iran melancarkan serangan pesawat tak berawak tanggapan atas serangan di kedutaan Iran di Suriah.

Kantor berita Iran, Fars, melaporkan ledakan terdengar di sebuah bandara di Kota Isfahan, Iran, namun penyebabnya belum diketahui.

Sebagai informasi, beberapa situs nuklir Iran terletak di provinsi Isfahan, termasuk Natanz, pusat program pengayaan uranium Iran.

Beberapa penerbangan pun dialihkan melalui wilayah udara Iran.

Selama akhir pekan, Iran meluncurkan ratusan drone dan rudal sebagai serangan balasan setelah dugaan serangan Israel terhadap kompleks kedutaan besarnya di Suriah.

Sebagian besar drone dan rudal ditembak jatuh sebelum mencapai wilayah Israel.

Iran mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB pada hari Kamis bahwa Israel “harus dipaksa untuk menghentikan petualangan militer lebih lanjut yang bertentangan dengan kepentingan kami” ketika Sekretaris Jenderal PBB memperingatkan bahwa Timur Tengah berada dalam “momen yang paling berbahaya.”

Israel mengatakan pihaknya akan membalas serangan rudal dan drone Iran pada 13 April.

Para analis dan pengamat telah menyuarakan kekhawatiran mengenai risiko penyebaran perang Israel-Gaza ke seluruh wilayah.

Serangan Israel terhadap Gaza dimulai setelah kelompok Islam Palestina Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang, menurut penghitungan Israel. Serangan militer Israel telah menewaskan lebih dari 33.000 warga Palestina di Gaza, menurut kementerian kesehatan setempat.

Kelompok-kelompok yang didukung Iran telah menyatakan dukungannya terhadap Palestina, melancarkan serangan dari Lebanon, Yaman dan Irak.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])