iPhone 14 Dibekali Chip Qualcomm, Bisa Terkoneksi ke Satelit

Nusantaratv.com - 18/09/2022 14:16

Seorang pengunjung melihat iPhone 14 baru di acara Apple di kantor pusat mereka di Cupertino, California, AS, pada 7 September 2022. (Carlos Barria/Reuters)
Seorang pengunjung melihat iPhone 14 baru di acara Apple di kantor pusat mereka di Cupertino, California, AS, pada 7 September 2022. (Carlos Barria/Reuters)

Penulis: Tri Budi Purnomo

Nusantaratv.com - Model iPhone 14 disebutkan menggunakan chip modem Qualcomm yang dapat menangkap sinyal satelit sekaligus memiliki komponen Apple tambahan yang dirancang khusus untuk digunakan dalam fitur baru pada ponsel tersebut.

Hal itu didasarkan pada pernyataan analisis ponsel oleh iFixit dan pernyataan Apple. Demikian dikutip dari Reuters, Minggu (18/9/2022). Apple baru-baru ini merilis jajaran iPhone 14.

Salah satu fitur baru utama yakni kemampuan terhubung ke satelit sehingga dapat digunakan untuk mengirim pesan darurat ketika tidak ada koneksi WiFi atau data seluler.

Sebelumnya pada awal bulan ini, Apple mengatakan model iPhone 14 dibekali perangkat keras baru yang memungkinkan layanan pesan darurat, yang rencananya akan diaktifkan oleh Apple dengan pembaruan perangkat lunak pada November. Apple tidak memberikan rincian tentang perangkat keras khusus satelit ini.

Pada Jumat (15/9/2022), iFixit, sebuah perusahaan yang berbasis di San Luis Obispo, California, Amerika Serikat (AS), membongkar model iPhone 14 Pro Max dan mendapatkan chip modem Qualcomm X65 di dalamnya.

iFixit sendiri merupakan perusahaan yang melakukan pembongkaran produk elektronik untuk menilai seberapa mudah produk dapat diperbaiki. Chip Qualcomm menyediakan konektivitas 5G untuk jaringan seluler tetapi juga mampu menggunakan apa yang disebut pita n53, pita frekuensi yang digunakan oleh satelit dari Globalstar.

Pada awal bulan ini, Globalstar mengumumkan kesepakatan di mana Apple akan mengambil hingga 85 persen dari kapasitas jaringan satelit Globalstar untuk mengaktifkan fitur pesan darurat baru Apple.

Dalam sebuah pernyataan kepada Reuters pada Sabtu (17/9/2022), Apple mengatakan terdapat perangkat keras dan perangkat lunak tambahan di iPhone 14 untuk fitur perpesanan baru.

"iPhone 14 menyertakan komponen frekuensi radio khusus, dan perangkat lunak baru yang dirancang sepenuhnya oleh Apple, yang bersama-sama mengaktifkan SOS Darurat melalui satelit pada model iPhone 14 baru," kata Apple dalam pernyataannya.

Namun, di sisi lain, pihak Qualcomm tidak segera menanggapi permintaan komentar terkait hal ini.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in