Inovasi Kehadiran QRIS Diharapkan Mampu Majukan UMKM

Nusantaratv.com - 26/09/2022 14:56

Anggota Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir saat memberikan sambutan dalam Sosialisasi QRIS kerja sama dengan Bank Indonesia di Palembang. (Ist/nvl)
Anggota Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir saat memberikan sambutan dalam Sosialisasi QRIS kerja sama dengan Bank Indonesia di Palembang. (Ist/nvl)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Anggota Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir berharap inovasi kehadiran pembayaran digital melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) mampu memajukan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Indonesia. 

Hal itu sejalan dengan visi Sistem Pembayaran Indonesia 2025, bahwa akan terjadi inovasi layanan pembayaran digital berbasis QR Code. "Nah, Bank Indonesia melihat hal ini sebagai sebuah manfaat untuk mendorong efisiensi ekonomi, mempercepat inklusivitas keuangan, dan memajukan UMKM," ujar Hafisz saat memberikan sambutan dalam Sosialisasi QRIS kerja sama dengan Bank Indonesia (BI) di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), dalam keterangan tertulisnya, Minggu (25/9/2022).

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI ini menjelaskan sistem pembayaran saat ini terus berevolusi dengan tiga unsur penggerak, yaitu inovasi teknologi dan model bisnis, tradisi masyarakat, dan kebijakan otoritas pemerintah. Bahkan, dalam satu dekade terakhir, terjadi gelombang digitalisasi kehidupan yang mengubah secara drastis perilaku masyarakat.

"Sehingga, kehadiran uang elektronik berbasis chip maupun server based mengubah pola pembayaran yg menuntut serba mobile, cepat serta aman melalui platform antara lain web, mobile, Unstructured Supplementary Service Data (USSD) dan SIM Toolkit (STK)," ujar politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut.

Diketahui, QRIS adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. QRIS dikembangkan industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Semua PJSP yang akan menggunakan QR Code Pembayaran wajib menerapkan QRIS.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in