Ini Tiga Merek Global Penguasa Pasar Smartphone

Nusantaratv.com - 31/07/2022 13:33

Ilustrasi. Samsung dan Apple memimpin pengiriman smartphone pada kuartal kedua 2022. (Gizchina)
Ilustrasi. Samsung dan Apple memimpin pengiriman smartphone pada kuartal kedua 2022. (Gizchina)

Penulis: Tri Budi Purnomo

Nusantaratv.com - Pasar smartphone global pada kuartal kedua (Q2) 2022 lebih buruk dibandingkan dengan kuartal kedua tahun lalu.

Hal itu berdasarkan riset yang dilakukan Omdia, seperti dikutip Gizchina, Minggu (31/7/2022). Disebutkan juga kondisi ini lebih buruk jika dibandingkan dengan kuartal pertama 2022. 

Ada total 293,7 juta smartphone yang dikirimkan pada April hingga Juni 2022. Sebagai perbandingan, angka tersebut menurun dari 307,7 juta pada kuartal pertama, dan 303,3 juta pada kuartal kedua 2021. 

Terdapata tiga merek global yang menguasai pasar smartphone saat ini, yakni Samsung, Apple, dan Xiaomi. Samsung memimpin pasar smartphone di kuartal kedua 2022 dengan mengirimkan total 62,2 juta ponsel. Angka itu melampaui Apple yang mengirimkan 48,9 juta ponsel. 

Menurut Omdia, performa solid ponsel seperti Samsung Galaxy A13 dan seri Galaxy S22 turut memberikan hasil positif bagi perusahaan. Sedangkan untuk Apple, loyalitas merek tetap menjadi faktor penentu serta tingginya minat terhadap seri iPhone 13 dibandingkan seri iPhone 12.

Smartphone China seperti Xiaomi, Oppo, dan Vivo, masing-masing berada di posisi ketiga, keempat, dan kelima. Namun, ketiga perusahaan ini mencatat hasil yang lebih rendah dengan tiga mencatatkan penjualan yang lebih buruk sebesar -20 persen dibandingkan dengan periode 2021. 

Seperti terlihat, pasar smartphone jelas mengalami kendala inflasi global. Perlu dicatat, merek seperti Motorola dan Tecno lebih baik dari tahun lalu. Motorola telah meningkatkan portofolio smartphone-nya dengan penawaran yang benar-benar lebih menarik seperti Moto Edge 30 Pro.

Di sisi lain, Tecno terus mendorong smartphone baru dan mengembangkan teknologi untuk menghadapi merek-merek besar. Namun, Honor adalah perusahaan dengan kinerja luar biasa. Perusahaan ini mendapat sorotan bersama Apple dan Samsung.

Sejauh ini, Honor masih fokus di pasar China. Tampaknya diharapkan menjadi Huawei baru. Honor mencapai peningkatan penjualan 125,4 persen dari tahun ke tahun (yaer on year/YoY). 

Honor bertengger di posisi keenam dengan mengirimkan lebih dari 15,1 juta ponsel. Di masa lalu, Huawei adalah ancaman bagi Apple dan Samsung. Ternyata, Honor memberikan langkah berani untuk menjadi yang ketiga di pasar.

Tentu saja, ada beberapa langkah yang harus diambil perusahaan seperti menjadi lebih relevan di pasar global. Perusahaan ini membidik IFA 2022 untuk membawa banyak produk baru. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in