Ini Ramuan Tradisional Untuk Atasi Gatal-Gatal

Nusantaratv.com - 15 November 2021

Ilustrasi gatal pada kulit. (kompasiana.com)
Ilustrasi gatal pada kulit. (kompasiana.com)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Gatal pada kulit adalah persoalan menjengkelkan, apalagi jika menyerang di malam hari. Anda bisa jadi sampai harus begadang semalaman karena tidur tak nyenyak.

Penyebab gatal pada kulit macam-macam, mulai dari gigitan serangga, bersentuhan dengan tanaman tertentu, hingga penyakit seperti psoriasis, eksim, biduran, kurap, dan kudis. 

Penyakit dalam pun bisa menyebabkan gatal-gatal di kulit, misalnya gangguan liver. Begitu juga dengan kondisi kulit yang terlalu kering atau luka yang sedang dalam proses penyembuhan,

Saat gatal menyerang, biasanya seseorang akan menggaruk permukaan kulit untuk meredakan rasa gatalnya.

Baca Juga: Ini Manfaat Biji Kelor Kering yang Sebaiknya Kamuta

Menggaruk permukaan kulit yang gatal sebenarnya tidak disarankan karena dapat memicu masalah kulit, seperti kulit kering, bersisik, dan muncul luka. Menggaruk kulit yang gatal hanya akan memperparah kondisi.

Daripada begitu, sebaiknya atasi serangan gatal dengan konsumsi ramuan tradisional. Sebagai pertolongan pertama, kamu juga bisa mengatasi gatal pada permukaan kulit dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi gatal-gatal?

Bahan Ramuan:

  • Umbi Teki 1 biji
  • Daun Sambiloto 5 lembar
  • Sereh 1 batang
  • Rimpang Lengkuas 1 ibu jari
  • Air 3 gelas

Cara Pembuatan:

  • Umbi Teki, Sereh dan Rimpang Lengkuas dimemarkan. Semua bahan dicampur dan direbus dalam air mendidih selama 10-15 menit dengan api kecil.

Cara Pemakaian:

  • Diminum 2 kali sehari sebelum makan.

Perhatian: Hindari pemakaian untuk ibu hamil.

Sumber: jamudigital.com

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])