Ini Rahasia Kenapa di 5 Tempat Ini Banyak Penduduknya Berumur Panjang dan Sehat

Nusantaratv.com - 25/06/2022 21:20

Sardinia, Italia / travelanddestinations.com
Sardinia, Italia / travelanddestinations.com

Penulis: Harry Prasetyo | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Umur panjang tentu diinginkan oleh kita bukan? Lagi pula, siapa yang tidak ingin menghabiskan beberapa dekade lagi dengan keluarga mereka, waktu ekstra yang berharga dengan teman-teman, atau berkeliling dunia.

Nah, salah satu cara untuk mengetahui apakah Anda memiliki peluang panjang umur, cukup periksa kode pos Anda untuk melihat apakah Anda tinggal di Zona Biru. Pertama kali diciptakan oleh peneliti Dan Buettner, Blue Zones adalah area yang menjadi rumah bagi beberapa orang tertua dan paling sehat di dunia. 
Menurut Buettner, ada lima tempat di mana Anda lebih mungkin menemukan orang-orang berusia 80-an dan 90-an. Dimana sajakah tempat itu?

Sardinia, Italia

Sardinia adalah Buettner Blue Zone pertama dan timnya yang diidentifikasi pada tahun 2004. Menurut situs Blue Zones, para peneliti menemukan keanehan genetik langka yang dibawa oleh banyak penghuninya, yang dikaitkan dengan umur panjang populasi tersebut. 

Bukan hanya genetika yang membuat penghuni destinasi itu unik. Orang yang tinggal di Sardinia  memiliki gaya hidup yang sangat aktif dan masih berburu, memancing, dan memanen sebagian besar makanan mereka secara lokal. Masyarakat makan makanan yang sebagian besar sehat terdiri dari roti gandum, kacang-kacangan, sayuran kebun, buah-buahan, dan minyak damar wangi, yang semuanya penting untuk kesehatan jantung. 

Okinawa, Jepang

Menurut Blue Zones, orang-orang yang tinggal di Okinawa cukup beruntung memiliki tingkat kanker, penyakit jantung, dan demensia yang sangat rendah dibandingkan dengan orang Amerika. Umur panjang mereka juga dapat dikaitkan dengan ikatan sosial yang kuat, serta tujuan yang mendalam. 

"Orang Okinawa yang lebih tua dapat dengan mudah mengartikulasikan alasan mereka bangun di pagi hari," katanya. Kehidupan mereka yang diilhami tujuan memberi mereka peran tanggung jawab yang jelas dan perasaan dibutuhkan hingga usia 100-an. Orang-orang di sini juga menyukai sebagian besar pola makan nabati.

Nicoya, Kosta Rika

Kosta Rika memiliki pepatah bahwa setiap orang harus mengadopsi: "pura vida," yang diterjemahkan menjadi "kehidupan murni." Nafsu untuk hidup bahagia setiap hari telah melayani orang-orang di sini dengan baik dan memberi mereka beberapa tahun tambahan yang sehat. Dan itu bermuara pada ikatan keluarga yang kuat, rasa tujuan setiap hari, dan makan dengan baik. "Makan lebih sedikit kalori tampaknya menjadi salah satu cara paling pasti untuk menambah tahun dalam hidup Anda," kata Blue Zones. 

Ikaria, Yunani

Pulau Ikaria di Yunani adalah rumah bagi kurang dari 10.000 orang, tetapi mereka adalah kelompok yang sehat. Menurut Blue Zones, mereka hampir seluruhnya bebas dari demensia dan penyakit kronis. Selain itu, satu dari tiga penduduk di sini hidup hingga usia 90-an. 

Menurut para peneliti, itu tergantung pada budaya sosial-sentris mereka, tingkat aktivitas dan diet plus kecintaan mereka pada segelas anggur yang baik. "Mereka menikmati anggur merah yang kuat, permainan domino larut malam, dan kehidupan santai yang mengabaikan jam. Udara bersih, angin sepoi-sepoi yang hangat, dan medan yang kasar menarik mereka keluar ke dalam gaya hidup aktif," kata Blue Zones.

Loma Linda, California

Meskipun California Selatan menawarkan lingkungan yang umumnya menyenangkan untuk semua, orang-orang yang tinggal di Loma Linda tampaknya memilikinya lebih baik daripada kebanyakan. 

Menurut Blue Zones, mereka hidup sekitar satu dekade lebih lama dari rata-rata orang, yang bisa jadi karena diet vegetarian mereka yang ketat dan suka berolahraga. Bisa jadi karena semangat mereka untuk membantu orang lain juga. Mereka tetap aktif dan menemukan tujuan, dan mencegah depresi dengan berfokus pada membantu orang lain.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Ilustrasi kopi-1660110337
“Untag Banyuwangi Bangga Berkebaya”.-1660060594
Baking soda-1660058621