Ini Pesan Wali Nanggro Malik Mahmud Jelang Milad GAM Ke 45

Nusantaratv.com - 03/12/2021 13:06

Wali Nanggroe Aceh, Tgk Malik Mahmud Al Haytha
Wali Nanggroe Aceh, Tgk Malik Mahmud Al Haytha

Penulis: Arfa Gandhi | Editor: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Wali Nanggroe Aceh, Tgk Malik Mahmud Al Haythar, mengatakan hanya melakukan serimonial bisa saat merayakan HUT ke-45 GAM 4 Desember lusa. Salah satunya, dengan doa bersama, kenduri serta santunan anak yatim.

"Milad GAM dirayakan biasa saja, setiap tahun mengadakan doa dan  ziki bersama dan bersyukur kepada Allah yang sudah memberikan keamanan di Aceh," kata Wali Nangggroe didampingi Pangdam IM, Mayjen TNI Achmad Marzuki, dan Kapolda Aceh, Irjen Pol Drs Ahmad Haydar SH MM kepada wartawan saat menghadiri acara pamitan Pangdam Iskandar Muda (IM) di Makodam IM, Banda Aceh, Rabu (1/12/2021).

"Kita harapkan kedamaian ini terus terawat, mungkin ada orang yang tidak suka kita damai, memberi komentar atau melakukan kegiatan dengan tujuan mencari panggung untuk sendiri, itu berarti penumpang gelap," tegas Wali Nanggroe.

Malik Mahmud juga meminta kepada Pangdam IM dan Kapolda jika ada hal-hal terjadi di luar kendali, selalu menanganinya dengan cara-cara persuasif.

Sedangkan terkait banyak hal atau sejumlah wewenang yang belum selesai antara Aceh dengan Pemerintah Pusat, Wali Nanggroe meminta masyarakat Aceh terutama eks kombatan untuk bersabar menunggu realisasi.

"Mengenai sejumlah janji yang belum diselesaikan oleh pusat sesuai MoU Helsinki, itu saya punya tanggung jawab. Ya kita bersama akan terus melobi ke Jakarta, sehingga bisa segera diwujudkan. Apa saja yang belum diselesaikan sedikit lagi sebenarnya, itu saja diselesaikan," katanya.

"Saya banyak bicara dengan Presiden Jokowi, beliau mendengar. Apa yang belum selesai mohon sabar, untuk kebaikan Aceh dan negara kita ini," tutup Malik Mahmud..

Terpisah, Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) Pusat, Muzakir Manaf atau Mualem menginstruksikan kepada para kader dan seluruh eks kombatan GAM untuk menggelar peringatan 4 Desember atau HUT Ke-45 GAM seperti biasa.

Permintaan ini disampaikan Mualem melalui Juru Bicara (Jubir) KPA Pusat, Azhari Cagee, kepada wartawan di Banda Aceh, Rabu (1/12/2021).

"Mualem menginstruksikan kepada jajaran KPA ban sigom Aceh, peringatan 4 Desember dilakukan seperti biasa dengan melakukan santunan anak yatim, zikir, doa bersama Ziarah ke makam para syuhada yang sudah syahid berpulang kepada Allah SWT.Milad 4 Desember, ya seperti tahun-tahun sebelumnya saja. Itu instruksi Mualem," jelas Azhari Cagee

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in