Ini Manfaat Biji Kelor Kering yang Sebaiknya Kamutau

Nusantaratv.com - 22 Oktober 2021

Ilustrasi, biji, daun dan minyak kelor (youtube.com)
Ilustrasi, biji, daun dan minyak kelor (youtube.com)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Kelor merupakan salah satu tanaman dengan segudang khasiat bagi tubuh. Bahkan, para ahli sampai menjulukinya dengan sebutan “The Miracle Tree” atau pohon keajaiban. Tanaman dengan nama latin Moringa oleifera ini tak hanya daunnya yang berkhasiat, manfaat biji kelor pun tak kalah mengagumkan.

Biji kelor umumnya hanya terdapat pada pohon kelor berukuran besar, di atas 7 meter. Biji tanaman ini mengandung berbagai nutrisi dan mineral penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B, magnesium, kalsium, protein, lemak, serat, dan lainnya.

Berkat nutrisi tersebut, biji kelor terkenal dengan beragam manfaatnya. Mulai dari sifat antioksidan yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh hingga meringankan rasa nyeri akibat radang sendi.

Berikut 15 manfaat biji kelor bagi kesehatan tubuh:

1. Sumber Antioksidan dan Anti-inflamasi
Ada 46 antioksidan terkandung di dalam biji kelor yang semuanya dikenal untuk mengurangi stres oksidatif dan penyakit kronis seperti diabetes, masalah jantung, dan radang sendi. Vitamin C di dalamnya memasok elektron ke tubuh dan mencegah kerusakan sel. Nah, tahukah Anda bahwa biji kelor mengandung vitamin C 7 kali lebih banyak daripada jeruk?

Ini juga membantu memperlambat proses penuaan dan meningkatkan kesehatan. Biji kelor dikenal karena sifat anti-inflamasinya yang dapat menyembuhkan Edema. Sebuah penelitian menunjukkan efisiensi bubuk kelor untuk mengobati kondisi peradangan parah, termasuk bagi penderita asam urat. Daun kelor bisa dijadikan dalam mengobati asam urat alami dan herbal yang ampuh.

2. Mengobati Anemia
Sementara sayuran berdaun hijau diketahui memasok zat besi yang sangat dibutuhkan tubuh kita. Ada baiknya mengetahui bahwa biji kelor mengandung zat besi tiga kali lebih banyak daripada bayam. Dan dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh secara dramatis. Kebetulan, daun kelor sering digunakan sebagai pengganti bayam dalam banyak resep.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan dan Perut
Biji kelor kaya akan serat yang membantu pergerakan usus untuk membuang limbah. Jumlah serat yang cukup dalam makanan seseorang sangat penting untuk kelancaran pencernaan dan mencegah sembelit. Biji kelor dapat menyembuhkan gastritis, sakit maag dan masalah perut lainnya karena sifat antibiotik dan antibakterinya. Ini juga efektif dalam mengurangi pertumbuhan patogen.

4. Mengatur Gula Darah Normal
Biji kelor sering direkomendasikan untuk mengendalikan diabetes. Kehadiran seng membantu menurunkan glukosa dalam darah. Diperkaya dengan antioksidan seperti Glucomoringin, Fenol dan Flavonoid yang sangat efisien dalam menurunkan kadar gula darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bubuk biji kelor mempromosikan respons anti-diabetes yang aman dan efektif pada tikus jantan.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Biji kelor dapat menurunkan jumlah lipid teroksidasi dalam tubuh kita dan oleh karena itu bermanfaat dalam mencegah kerusakan konstruktif, serangan jantung dan meningkatkan kesehatan jantung. Biji kelor memiliki asam oleat yang mengurangi artheroscelosis (pengerasan pembuluh darah) Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa biji kelor efektif untuk penyakit jantung yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi.

6. Menjaga Kesehatan Hati
Kesehatan hati sangat penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan. Biji kelor memurnikan darah dan mendetoksifikasi hati. Selain itu, dapat melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh obat anti-TB dan membantu pemulihan kerusakan. Menurut sebuah penelitian, fibrosis hati diinduksi pada tikus selama delapan minggu dan dosis ekstrak biji kelor efektif dalam penyembuhan cedera hati.

7. Memperkuat Tulang
Biji kelor mengandung kalsium 4 kali lebih banyak dari satu gelas susu. Selain kalsium, mereka juga memiliki fosfor yang mendukung kesehatan tulang. Menjadi kaya akan senyawa anti-inflamasi, biji kelor dapat membantu tulang yang rusak dan mereka yang menderita radang sendi.

Manfaat biji kelor kering

8. Memurnikan Air
Penggunaan biji kelor juga termasuk pemurnian air yang mudah dan hemat biaya. Biji kelor memiliki sifat antimikroba yang membantu dalam membuat air minum. Minyak dalam biji setelah ekstraksi meninggalkan zat kaya protein yang menghambat pertumbuhan bakteri dalam air. Buah kelor dapat dimanfaatkan untuk air bersih di daerah berkembang di tanah air.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan
Manfaat biji kelor untuk menurunkan berat badan karena memiliki banyak serat yang meningkatkan pencernaan. Dan menyembuhkan masalah perut dan selanjutnya merangsang metabolisme kita. Ini juga membantu mengurangi rasa lapar atau mengidam yang tidak perlu.

Biji kelor adalah pembangkit tenaga listrik lebih dari 90 nutrisi dan 46 antioksidan dengan senyawa anti-inflamasi seperti Isothiocyanates. Biji kelor juga meningkatkan sensitivitas insulin dan keseimbangan hormon, dan pasti patut dicoba selama program penurunan berat badan Anda.

10. Membantu Mengatasi Asma
Asma adalah kondisi pernapasan yang menyebabkan kesulitan bernapas dan dapat dikendalikan dengan asupan klorofil. Manfaat biji kelor kering karena mengandung klorofil dalam jumlah yang cukup besar, dan oleh karena itu meningkatkan sistem pernapasan. Dalam sebuah penelitian, 20 orang diminta untuk mengonsumsi 6 gram biji kelor setiap hari selama 3 minggu dan gejalanya membaik secara signifikan.

11. Meningkatkan Kesehatan Kulit
Manfaat biji kelor kering untuk kulit karena mengandung nutrisi penting, yaitu antioksidan dan asam lemak Omega-9. Ini dapat memberikan keajaiban pada kulit Anda, dan penggunaan teratur dapat membuat kulit Anda lembut dan tampak lebih muda. Juga meningkatkan kolagen di kulit yang mencegah munculnya garis-garis halus dan kerutan. Menjadi kaya akan sifat antibakteri, kelor juga dapat membantu penyembuhan jerawat, noda dan berjerawat.

12. Menjaga Kesehatan Rambut
Manfaat biji kelor kering dapat membuat rambut Anda sehat dan indah! Mereka mengandung semua nutrisi yang diperlukan seperti Vitamin A, B, C, D dan E yang membantu dalam pertumbuhan rambut, melembabkan mereka dan mencegah stres oksidatif. Zat besi yang ada dalam biji kelor juga dapat memerangi penipisan rambut atau kerontokan rambut. Biji kelor mengandung seng yang dapat dengan cepat menyembuhkan kerusakan folikel pada rambut.

13. Menyembuhkan Masalah Mata
Manfaat biji kelor kering untuk mata karena mengandung sejumlah besar beta-karoten (Vitamin A) Zeaxanthin dan lutein. Ini semuanya sangat bermanfaat untuk kesehatan mata.

Selain itu, sifat anti-diabetes dari biji kelor merupakan keuntungan bagi penderita diabetes karena mereka sering berjuang dengan masalah katarak. Sebuah studi oleh Journal Of Ocular Pharmacology Therapeutics menunjukkan bahwa aktivitas luar biasa dari flavonoid melalui ekstrak kelor menyembuhkan dan memperlambat perkembangan katarak.

14. Mengobati Insomnia
Manfaat biji kelor kering untuk mengobari insomnia karena mengandung delapan jenis asam amino dan di antaranya Triptofan. Dengan dukungan zat besi, vitamin B6 dan riboflavin, Triptofan diubah menjadi serotonin dan melatonin yang sangat membantu dalam menginduksi tidur dan meningkatkan suasana hati. Anda dapat mengambil satu gelas air, menaruh beberapa biji dan membiarkannya selama lima belas menit dan meminumnya.

15. Penyembuh Berbagai Penyakit
Manfaat biji kelor kering telah digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati luka kulit dan masalah terkait selama ribuan tahun. Dalam sebuah penelitian, biji kelor terbukti efektif dalam proses penyembuhan pada tikus.

Kandungan Nutrisi Biji Kelor Kering dalam 140 Gram

  • Protein – 2 gram
  • Karbohidrat – 8,5 gram
  • Lemak – kurang dari 1 gram
  • Kalori – 37
  • Vitamin C – 235% dari kebutuhan harian (RDA)
  • Besi – 350% dari RDA
  • Kalium – 13% dari RDA
  • Kalsium – 3% dari RDA
  • Magnesium – 28% dari RDA

Cara mengolah biji kelor ke dalam rebusan, sup dan saus

Biji kelor dapat ditambahkan ke dalam semur, sup, dan saus pilihan Anda untuk menambahkan sedikit rasa renyah. Biji kelor benar-benar nikmat di sambar.

Cara mengolah biji kelor dalam bubur

  • Cara termudah menggunakan biji kelor adalah dalam bentuk bubuk. Biji kelor dapat dikeringkan dan digunakan dalam muffin dan kue untuk nutrisi tambahan.

Cara mengolah biji kelor dalam jus buah dan minuman

  • Bubuk biji kelor dapat ditambahkan ke jus buah seperti jus mangga, smoothie pisang dan teh panas untuk manfaat kesehatannya. Namun rasanya agak didapat.

Meskipun menjadi makanan super dan salah satu sayuran paling sehat yang tersedia, bahkan kelor juga memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini sekilas apa yang mungkin perlu Anda ketahui jika Anda berencana untuk memasukkan biji kelor ke dalam makanan Anda.


Efek Samping Biji Kelor

  • Tidak disarankan mengonsumsi biji kelor saat perut kosong karena dapat menyebabkan sakit perut.
  • Asupan biji kelor yang berlebihan dapat menyebabkan sakit perut, diare, gas dan mulas dan harus dikonsumsi dalam jumlah sedang. Asupan yang aman adalah 3-4 biji sehari.
  • Biji kelor mengandung kualitas anti kesuburan sehingga wanita hamil tidak boleh meminumnya dalam bentuk apa pun tanpa berkonsultasi dengan dokter.
  • Ibu menyusui harus menghindari biji kelor karena beberapa kandungan di dalamnya tidak cocok untuk bayi.
  • Biji kelor dapat mengganggu pengobatan tiroid seperti levothyroxine sehingga harus dihindari.
  • Selalu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi biji kelor selama diabetes. Karena biji kelor bersama dengan obat diabetes dapat menurunkan kadar glukosa di bawah kisaran normal, yang mungkin berbahaya.
  • Pasien tekanan darah tinggi harus selalu mencari nasihat medis sebelum makan biji kelor, karena dapat berinteraksi dengan obat tekanan darah.
  • Rasa biji kelor tidak menyenangkan yang dapat menyebabkan mual atau muntah dalam beberapa kasus.
  • Biji kelor mengandung antinutrisi tingkat tinggi yang menurunkan penyerapan protein dan mineral dalam tubuh.
  • Manfaat biji kelor kering bersifat anti-inflamasi, antibakteri dan anti-diabetes, dan disebut sebagai anugerah alam. Bijinya adalah harta karun yang penuh nutrisi penting dan antioksidan, dan dianggap sebagai makanan super.

Sumber: ikutrame.com

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])