Ini Daftar Wilayah di RI yang Bisa Melihat Gerhana Bulan Sebagian 19 November 2021

Nusantaratv.com - 15 November 2021

Gerhana bulan/ist
Gerhana bulan/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika  (NASA) memperkirakan akan terjadi gerhana bulan sebagian pada 19 November 2021 mendatang. Fenomena alam langka ini akan menjadi gerhana bulan terlama di abad ini. 

Menurut NASA gerhana bulan sebagian akan berlangsung selama 3 jam 28 menit. 

Selain di belahan dunia lainnya, fenomena gerhana bulan sebagian ini juga dapat dilihat oleh masyarakat di sejumlah wilayah Indonesia.

Gerhana Bulan adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan.

Sedangkan yang dimaksud dengan Gerhana Bulan Sebagian adalah peristiwa alam di mana sebagian piringan Bulan masuk ke umbra (bayangan utama) Bumi.

Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi, Bulan akan terlihat berwarna gelap sedikit kemerahan di bagian yang terkena umbra Bumi tersebut.

Baca juga: Catat! Akan Terjadi Gerhana Bulan Terlama, 3 Jam 28 Menit pada 19 November

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan daerah-daerah di Indonesia yang dapat mengamati proses gerhana sebagian dari Bulan terbit hingga fase gerhana berakhir adalah: Papua, Maluku, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, Bali, ebagian besar Jawa bagian timur dan sebagian Bangka Belitung bagian timur. 

Adapun daerah-daerah yang hanya dapat mengamati fase gerhana penumbra dari sejak Bulan terbit hingga gerhana berakhir yakni Jawa bagian barat dan Sumatra.

Diperkirakan gerhana bulan sebagian yang dapat dilihat dari sebagian wilayah di Indonesia pada 19 November 2021 mendatang, mulai pukul 16.02.56 WIB/17.02.56 WITA/18.02.56 WIT.

Sementara puncak gerhana terjadi beberapa menit setelah puncak fase purnama yang terjadi pukul 15.57.30 WIB/16.57.30 WITA/18.57.30 WIT.

Gerhana bulan sebagian diperkirakan akan berakhir pukul 17.47.26 WIB/18.47.26 WITA/19.47.26 WIT. 


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])