Ini Bocoran Waktu Pelaksanaan BBM Campur Sawit 40%

Nusantaratv.com - 21 November 2022

Uji coba B40 saat ini tengah dilaksanakan. (Antara)
Uji coba B40 saat ini tengah dilaksanakan. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Uji jalan untuk bahan bakar B40 sudah dilaksanakan. Bahan bakar minyak (BBM) dengan campuran sawit 40% tersebut diharapkan mampu memangkas impor BBM dan menghemat kas negara.

B40 sendiri, sempat diharapkan bisa diimplementasi pada Juli 2022. Walaupun rencana ini pada akhirnya harus tertunda.

Direktur Bioenergi Edi Wibowo pun mengungkapkan mengenai kapan B40 bakal diimplementasikan. Kini, kata dia pemerintah tengah menyelesaikan uji teknos B40.

"Tapi kita harapkan (uji teknis) di akhir Desember bisa selesai," ujar dia di Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi Lemigas, Jakarta, Senin (21/11/2022).

Pemerintah sekarang ini masih melakukan hitung-hitungan. Misalnya ketersediaan bahan baku, menyesuaikan kesiapan spek kendaraan, serta lainnya.

"Masih ada pendekatan ke sana yang kita harus sinkronkan, tidak hanya satu aspek kunci berhasil ada juga penyediaan bahan baku berapa. Nanti setelah semua rekomendasi terkumpul pimpinan yang akan memutuskan (implementasi B40), go nya kira-kira kapan," papar Edi.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan usai uji jalan dilaksanakan maka B40 akan masuk dalam tahap evaluasi.

"B40, uji coba sudah selesai. Nanti mungkin kalau tahapannya, kalau seingat saya pasti ada evaluasi," ujar dia di Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (4/11/2022).

Evaluasi ini mencakup sejumlah aspek. Rida memaparkan, evaluasi ini menyangkut pasokan bahan bakar nabati (BBN), fasilitas blending, sampai kesiapan kendaraan itu sendiri. 

"Evaluasi tuh di dalamnya tentu saja menyiapkan segala macamnya. Satu dari sisi supply-nya, dari rantai pasoknya, kapalnya macam apa, blending facility macam apa, kontrolnya seperti apa, terus nanti kesiapan kendaraannya," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])