Ini 5 Inisiatif Kementerian BUMN Demi Optimalkan Program Dekarbonisasi Menuju Net Zero Emission

Nusantaratv.com - 29 Februari 2024

Staf Ahli Menteri Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting saat memberikan Opening Speech pada forum diskusi bertajuk Nature Nusantara Sustainibility tren forum 2024 yang digelar NusantaraTV di Bali Room Hotel Kempinski Jakarta, Rabu (28/2/2024).
Staf Ahli Menteri Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting saat memberikan Opening Speech pada forum diskusi bertajuk Nature Nusantara Sustainibility tren forum 2024 yang digelar NusantaraTV di Bali Room Hotel Kempinski Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menginisiasi Program Dekarbonisasi demi mendukung target pemerintah mencapai Net Zero Emission atau nol emisi pada 2060. 

Bahkan BUMN juga memiliki 5 inisiatif untuk mengoptimalkan program Dekarbonisasi yang dicanangkan. 

"Dan dapat disampaikan pula bahwa Kementerian BUMN juga memiliki 5 inisiatif dekarbonisasi," kata Staf Ahli Menteri Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting saat memberikan Opening Speech mewakili Menteri BUMN Erick Thohir pada forum diskusi bertajuk Nature Nusantara Sustainibility tren forum 2024 yang digelar NusantaraTV di Bali Room Hotel Kempinski Jakarta, Rabu (28/2/2024). 

Pertama, bagaimana mengembangkan kapasitas energi baru terbarukan dan itu tidak hanya perihal kelistrikan namun juga biomax ataupun biofuel serta geothermal. 

Kedua, transaksi energi dan bagaimana kita mengurangi ketergantungan terhadap PLTU khususnya yang berbasiskan batubara.

Ketiga membangun ekosistem kendaraan listrik. Sehingga akan mengurangi impor dan subsidi BBM. 

"Dan saat ini dengan menggerakkan masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik menurut hitungan sementara ini bisa menghemat sekitar Rp1,5 triliun per tahun pada APBN kita," terang Srinaita.

Keempat, nature based solution. Nature based solution Indonesia memiliki 172 juta hektar hutan yang menjadi kekuatan dan keunggulan Indonesia.

"Kita harus mengembangkan Nature Based Solution untuk mewujudkan carbon offset credit di masa depan," tuturnya.

Baca juga: Wujudkan Target Net Zero Emission, BUMN Gencarkan Program Dekarbonisasi

Kelima atau terakhir,  membangun klaster Indonesia hijau seperti Green Hydrogen atau Blue Hydrogen. 

"Indonesia memiliki kekayaan energi gas yang kurang berkembang. Dan sudah saatnya juga kita memanfaatkan Green Molekul," ujarnya. 

Srinaiti menekankan komitmen Pemerintah dalam hal dekarbonisasi tidak akan terpenuhi jika tidak didukung adanya peran non-party stakeholder dalam hal ini adalah pelaku usaha.

"Namun kami sependapat yang disampaikan oleh Pak Nurdin (Preskom NT Corporation) bahwa pada akhirnya untuk mendukung keharmonisan antara planet maupun maupun people dan profit memang harus ada kolaborasi seluruh stakeholder termasuk melalui inisiatif ataupun forum ini yang mengumpulkan berbagai stakeholder dengan perspektif yang mungkin punya interest beda. Tetapi dengan forum diskusi mungkin akan bisa menyatukan kita bahwa pada akhirnya kita memang perlu berkolaborasi bersama-sama untuk hidup harmonis di bumi kita ini," ujar Srinaita.

Srinaita lebih lanjut menyampaikan untuk mendukung hal tersebut pemerintah menyelenggarakan nilai ekonomi karbon. Di mana dengan adanya nilai ekonomi karbon ini pelaku usaha dapat berperan aktif pada pengendalian emisi gas rumah kaca.

"Dengan demikian kita perlu bersama-sama. Penerapan nilai ekonomi karbon baik di nasional sektor dan sub sektor dan apa yang akan dilaksanakan di Kementerian BUMN kedepannya," kata Srinaita.

"Akhir kata saya ucapkan selamat atas diselenggarakannya Nature Nusantara Sustainibility tren forum 2024. Semoga dapat menjadi wadah diskusi dan komunikasi publik yang konstruktif dan yang membangun sinergi implementasi  dalam harmonisasi masyarakat dan lingkungan yang berkelanjutan," tutupnya.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])