Ingin Merayakan 17 Agustus di Puncak Gunung? Ini Rekomendasinya

Nusantaratv.com - 02/08/2022 20:07

Para Pendaki merayakan keberhasilan sampai di Puncak Gunung.
Para Pendaki merayakan keberhasilan sampai di Puncak Gunung.

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Untuk memperingati Hari Kemerdekaan 17 Agustus, banyak cara dilakukan bangsa Indonesia untuk merayakannya. Berbagai lomba digelar dalam rangka memeriahkan momen sakral ini. Dari lomba panjat pinang hingga balap karung menjadi pemandangan yang selalu dapat kita saksikan saat menjelang perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus.

Selain mengikuti berbagai lomba, sebagian kaum muda ada yang merayakan momen hari Kemerdekaan ini dengan mendaki gunung dengan tujuan mengibarkan Sang Saka Merah Putih di puncak tertingginya.

Dengan naik gunung para pendaki mengibaratkan dirinya sedang melakukan perjuangan seperti yang dilakukan para pahlawan terdahulu. Saat berhasil mencapai puncak dan mengibarkan bendera Merah Putih, ada rasa bahagia, bangga dan haru di hati para pendaki.

Banyak gunung di Indonesia yang dapat dijadikan target pendakian oleh para pecinta alam dan pendaki gunung. Bagi kamu yang berencana mendaki di Hari Kemerdekaan nanti, berikut beberapa rekomendasi gunung yang indah dan cocok untuk pendakian dalam rangka mengibarkan Sang Merah Putih di puncaknya.

1. Gunung Kerinci


Kerinci. (Dok. Pegipegi)

Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Pulau Sumatra dan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Gunung Kerinci berada di Provinsi Jambi dengan ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung berapi tertinggi di Indonesia, tentunya merupakan kebanggaan tersendiri bagi para pendaki.

Biasanya saat menjelang 17 Agustus, tidak hanya para pendaki yang naik kepuncak Gunung Kerinci, banyak masyarakat biasa yang juga berbondong-bondong mendaki puncak Gunung Kerinci demi merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia.

 

2. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani. (Pegipegi)

Gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia adalah Gunung Rinjani yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl.

Melihat bendera merah putih berkibar dari puncak Gunung Rinjani yang memiliki panorama alam indah, tentu akan membuat hati bangga sekaligus haru. Faktanya, banyak orang yang datang dari luar pulau hanya untuk menikmati pemandangan indah dari atas Gunung Rinjani. 

 

3. Gunung Semeru

Gunung Semeru. (Pegipegi)

Gunung Semeru yang berada di Jawa Timur merupakan salah satu gunung yang sering didaki ketika Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI.

Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 mdpl (12.060 ft) yang menyajikan pemandangan alam sangat indah. Pada Hari Kemerdekaan Indonesia, Gunung Semeru selalu ramai dengan pendaki yang ingin mengibarkan bendera merah putih langsung di puncaknya.

 

4. Gunung Slamet

Gunung Slamet. (Pegipegi)

Gunung Slamet merupakan gunung berapi yang terletak di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.432 mdpl. Tahun lalu, terdapat ribuan pendaki yang menjejakkan kaki di Gunung Slamet untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI.

Pendakian ke puncak Gunung Slamet menjadi salah satu tradisi unik di kalangan muda untuk merayakan peringatan hari bersejarah Indonesia ini. Anda dapat mengajak kerabat, teman, hingga pasangan untuk mendaki gunung sambil menikmati keindahan alam.

 

5. Gunung Prau

Gunung Prau. (Dok. Pegipegi)

Gunung Prau adalah salah satu gunung yang terletak di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Dengan ketinggian 2.590 mdpl, para pendaki pemula bisa mendaki gunung ini untuk merayakan Kemerdekaan Indonesia.

Meski demikian, para pendaki pemula sebaiknya tetap didampingi oleh orang yang berpengalaman untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

Gunung Prau memiliki pemandangan Bukit Teletubbies yang indah dan memesona sehingga mendakinya pun terasa semakin seru dan menyenangkan.

Sumber: indozone.id

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in