Indonesia vs Thailand, Skuad Gajah Putih Kembali Jadi Raja Asean

Nusantaratv.com - 01 Januari 2022

Live skor Indonesia vs Thailand
Live skor Indonesia vs Thailand

Penulis: Arfa Gandhi | Editor: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Timnas Indonesia harus lapang dada setelah hanya mampu bermain imbang dengan skor 2-2 atas Thailand di laga leg kedua final Piala AFF 2020 yang berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (1/01/2022) malam.

Hasil imbang 2-2 juga membuat Thailand meraih juara Piala AFF 2020 dengan agregat skor 6-2.

Jalannya pertandingan dibabak pertama

Sejak bergulirnya babak pertama, Timnas Indonesia langsung menekan lini pertahanan Thailand lewat serangan melalui umpan-umpan pendek.

Alhasil, laga baru berjalan tujuh menit Timnas Indonesia sukses mebobol gawang Thailand lewat sepakan Ricky Kambuaya dari luar kotak penalti.

Berawal dari umpan pendek dari sisi kiri pertahanan Thailand yang diberikan oleh Ramai Rumangkiek dan berhasil diselesaikan dengan tendangan datang Ricky Kambuaya. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Thailand yang tertinggal satu gol pun mencoba keluar dari tekanan para pemain Timnas Indonesia.

Terbukti, pada menit ke 15 Thailand mempu menancam pertahan skuad Garuda. Beruntung tendangan pemain tim berjuluk Gajah Putih itu masih membentur tiang gawang Timnas Indonesia.

Tak tinggal diam, Indonesia yang memang mengejar ketertinggalan skor di leg pertama tak henti-hentinya menekan pertahanan Thailand.

Bahkan, peluang kembali didapat skuad Garuda lewat umpan yang diberikan Pratama Arhan. Sayangnya tak mampu dimanfaatkan oleh Dedik Setiawan.

Jelang berakhirnya babak pertama, Thailand sebenarnya mampu menyamakan kedudukan andai tendangan Teerasil Dangda tak melambung keatas tiang gawang Nadeo Argawinata.

Skor 1-0 Timnas Indonesia atas Thailand tetap bertahan hingga turun minum.

Jalannya pertandingan dibabak kedua

Jual beli serangan pun kembali disajikan oleh kedua tim. Indonesia yang sudah unggul 1-0 dibabak pertama juga terus melancarkan serangan kelini pertahanan Thailand.

Dedik Setiawan yang kembali mendapat peluang emas belum mampu memanfaatkannya menjadi gol.

Thailand akhirnya mampu mengembalikan kedudukan menjadi 2-1 hanya dalam waktu dua menit. Gol pertama terjadi pada menit ke-54 yang dicetak oleh Adisak Kraisorn.

Dan gol kedua dicetak oleh Sarach Yooyen pada menit ke-56. Skor 1-2 untuk Thailand masih bertahan dibabak kedua hingga menit ke-60.

Tertinggal 2-1 membuat Indonesia semakin ngotot menekan lini pertahanan Thailand. Alhasil peluang pun kembali didapat skuad Garuda pada menit ke-54, sayangnya tendangan Hanis Sagara masih jauh dari sasaran.

Thailand yang sudah unggul atas Indonesia ternyata belum puas untuk mencetak gol. Tim asuhan Alexandre Polking seperti baru mengeluarkan kemampuannya di pertengan babak kedua.

Terbukti, gaya ciri khas permainan Thailand dengan umpan-umpan pendek tak bisa direbut oleh pemain Indonesia. Bahkan, mereka terus menekan lini pertahanan Indonesia.

Tercatat sejak terjadinya dua gol cepat, mental para pemain Thailand seakan kembali naik. Terbukti mereka terus menguasai jalannya pertandingan.

Akan tetapi Thailand seperti terlena. Asik menguasai bola gawangnya justru kecolongan pada menit ke-80 lewat sepakan Egy Maulana Vickri yang memanfaatkan serangan balik. Skor 2-2 masih bertahan untuk kedua tim.

Gol penyeimbang yang dicetak oleh Egy Maulana Vickri juga kembali membangkitkan mental para pemain skuad Garuda.

Terbukti, sejak terjadinya gol tersebut tim asuhan Shin Tae-yong mampu bermain lebih tenang dan kembali menguasai jalannya pertandingan, bahkan merepotkan lini pertahan Thailand.

Sayangnya hingga laga usai tak ada gol tamabahan yang tercipta. Hasil imbang 2-2 ini pun membawa Thailand meraih juara Piala AFF 2020 dengan agregat skor 6-2.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])