Indonesia Hadapi Ancaman Varian Delta yang Lebih Dahsyat

Nusantaratv.com - 14 September 2021

Ilustrasi varian baru covid-19/ist
Ilustrasi varian baru covid-19/ist

Penulis: Ramses Manurung | Editor: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Meski kini telah terjadi tren perbaikan penanganan pandemi covid-19 di Indonesia. Namun masyarakat diminta agar tetap waspada terhadap ancaman varian baru covid-19 yakni varian Mu dan varian Delta yang lebih dahsyat. 

Peringatan itu disampaikan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Marinvest) Luhut Binsar Pandjaitan.  

“Ingat yang lalu, kita sudah kena Covid varian Alfa, sekarang kita menghadapi varian Delta yang lebih dahsyat,” ujar Luhut mengutip okezone, Senin (13/9/2021).

Walau kini telah terjadi penurunan kasus covid-19, kata Luhut, tetapi ada beberapa wilayah yang mengalami kenaikan kasus. 

“Selain itu dapat disampaikan juga bahwa perlu kewaspadaan kita semua sekali lagi, karena terdapat peningkatan kasus konfirmasi atau angka kematian di beberapa wilayah di Jawa Tengah seperti Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Semarang,” ujarnya.

Baca juga: Penurunan Level PPKM Ditentukan Capaian Vaksinasi Covid-19

“Ini early warning juga pada kita, pada sisi lain turun tapi ada juga kasus yang meningkat. Jadi kita harus hati-hati. Jangan kita nanti kembali kepada tanggal 15 Juli,” imbuhnya.

Luhut menyebutkan penurunan level PPKM di Jawa-Bali terjadi lebih cepat dibandingkan perkiraan pemerintah. Itu terjadi karena tren perbaikan penanganan pandemi covid-19 di Jawa-Bali. 

“Di sisi lain, kecepatan vaksinasi dan implementasi peduli lindungi serta protokol kesehatan masih tertinggal,” kata Luhut.

“Penurunan level PPKM di berbagai kota menyebabkan banyak euphoria dari masyarakat yang tidak disertai dengan implementasi protokol kesehatan dan penggunaan peduli lindungi. Hal ini cukup berbahaya karena dapat mengundang gelombang berikutnya dari Covid-19,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])