India Siap Perkenalkan Sistem Peringkat Keselamatan Mobil Penumpang

Nusantaratv.com - 26/06/2022 08:45

Ilustrasi. (Istimewa)
Ilustrasi. (Istimewa)

Penulis: Tri Budi Purnomo | Editor: Adiantoro

Nusantaratv.com - India siap memperkenalkan sistem peringkat keselamatan untuk mobil penumpang.

Langkah yang diharapkan akan mendorong produsen mobil dalam menyediakan fitur keselamatan canggih dan akan meningkatkan kelayakan ekspor kendaraan yang diproduksi di negara Bollywood itu.

Dikutip dari Reuters, Minggu (26/6/2022), Kementerian Transportasi Jalan India mengatakan mereka akan memberikan peringkat satu hingga lima bintang untuk mobil, berdasarkan tes yang menilai perlindungan penumpang dewasa dan anak serta teknologi bantuan keselamatan.

Sistem peringkat keselamatan untuk mobil penumpang ini dijadwalkan mulai berlaku pada April 2023. India, yang memiliki beberapa jalan paling mematikan di dunia, juga berencana mewajibkan setiap mobil penumpang keluaran terbaru di negaranya memiliki 6 kantong udara (airbag).

Aturan ini tengah digodok menyusul tingginya angka kecelakaan di India. Rencana ini kemudian mendapat penolakan dari beberapa produsen di negara itu karena dinilai akan meningkatkan biaya produksi kendaraan. 

Aturan yang ada saat ini hanya mewajibkan dua airbag, di mana satu untuk pengemudi dan satu untuk penumpang depan. India adalah pasar mobil terbesar kelima di dunia, dengan penjualan tahunan sekitar 3 juta unit per tahun.

Maruti Suzuki, yang mayoritas dimiliki oleh Suzuki Motor Jepang, dan Hyundai Motor adalah produsen mobil dengan penjualan terbesar.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in