India Siap Ekspor Vaksin Covid-19

Nusantaratv.com - 16 September 2021

India lanjutkan ekspor vaksin Covid-19. (ORF)
India lanjutkan ekspor vaksin Covid-19. (ORF)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Di tengah tekanan global yang semakin meningkat, India mengatakan pihaknya hampir selesai mengkaji kelanjutan proses ekspor vaksin Covid-19 ke seluruh dunia, khususnya Afrika yang sangat membutuhkan.

India adalah produsen vaksin terbesar di dunia, namun negara Bollywood itu menghentikan ekspor pada April lalu guna melawan lonjakan infeksi Covid-19 di dalam negeri yang kini situasinya sudah berhasil dikendalikan, seperti dikutip dari VOA News, Kamis (16/9/2021). 

Sebuah sumber yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan kepada Reuters jika India kini mengalami surplus vaksin setelah setidaknya 61 persen dari total penduduk India menerima dosis pertama dari vaksin Covid-19. 

Di mana total jumlah penduduk India diperkirakan mencapai 944 juta orang. Keputusan untuk melanjutkan ekspor datang bersamaan dengan kunjungan Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi ke Washington, AS, pada pekan depan untuk menghdiri pertemuan puncak atau forum Quad yang melibatkan pemimpin dari empat negara, yakni Amerika Serikat (AS), India, Jepang dan Australia. 

"Keputusan ekspor adalah kesepakatan yang sudah selesai. India akan membantu Afrika dengan (mengirimkan) vaksin dan cara penanganan Covid-19," kata sumber itu. 

Pada Selasa (14/9/2021), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan sedang melakukan perundingan dengan pejabat India untuk melanjutkan pasokan vaksin itu melalui platform berbagi vaksin global, yakni COVAX. 

"Kami telah diyakinkan bahwa pasokan (vaksin) akan dimulai kembali tahun ini," kata pejabat senior WHO Bruce Aylward. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])