Imigrasi Palembang Kembangkan Inovasi Pelayanan Paspor

Nusantaratv.com - 26/01/2023 14:56

Pejabat Kanwil Kemenkumham Sumsel, Imigrasi Palembang foto bersama mitra kerja seusai upacara petingatan Hari Bhakri Keimigrasian ke-73. (ANTARA/Yudi Abdullah/23)
Pejabat Kanwil Kemenkumham Sumsel, Imigrasi Palembang foto bersama mitra kerja seusai upacara petingatan Hari Bhakri Keimigrasian ke-73. (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pejabat dan staf Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI), Kemenkumham Sumatera Selatan, terus mengembangkan inovasi pelayanan paspor dan dokumen keimigrasian lainnya.

Pengembangan inovasi layanan itu untuk memberikan pelayanan terbaik dan memudahkan masyarakat mengurus paspor/dokumen keimigrasian, kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Mohammad Ridwan seusai upacara peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-73 di Palembang, Kamis.

Menurut dia, dalam setahun terakhir pihaknya telah mengembangkan beberapa inovasi pelayanan publik dan mendapat sambutan baik dari masyarakat di enam wilayah kerja yakni Kota Palembang, Prabumulih, Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Banyuasin, dan Kabupaten Musi Banyuasin.

Inovasi pelayanan yang telah dirasakan masyarakat seperti SIGEP (siap nganter paspor), Garsun (Gari ke dusun), Si Gita (Digitalisasi Arsip), Celimpungan (Cek Alur Proses Permohonan dan Pengambilan Paspor), Si Bangkit (Inovasi pembuatan paspor untuk orang sakit).

Dalam menyambut peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-73 tahun ini, inovasi pelayanan paspor simpatik akhir pekan atau 'Layanan Keimigrasian Akhir Pekan (Laksan)' mendapat perhatian besar masyarakat yang tidak memiliki waktu membuat paspor pada hari kerja.

Kemudian diresmikan pengoperasian mobil pelayanan keimigrasian keliling 'Lakso' yang diharapkan bisa menjangkau masyarakat di pelosok desa/kelurahan di enam wilayah kerja Kantor Imigrasi Palembang.

Pengembangan inovasi dan peningkatan pelayanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang sesuai semangat dalam berkinerja semakin PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif).

Melalui pelayanan keimigrasian tersebut, pada 2022 pihaknya menyumbang penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari pelayanan di Kantor Imigrasi Palembang mencapai Rp19,3 miliar lebih atau 376,81 persen dari target yang ditetapkan, keberhasilan tersebut akan ditingkatkan lagi pada tahun ini, kata Ridwan.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya mendorong peningkatan pelayanan dua kantor imigrasi di provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, momentum Hari Bhakti Imigrasi ke-73 pada 26 Januari 2023 ini, dua kantor imigrasi di provinsi setempat didorong mengembangkan inovasi pelayanan dan menambah dua Unit Kerja Keimigrasian (UKK) yakni di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin dan Kota Lubuklinggau.

Selain mengembangkan inovasi, pihaknya juga mendorong pegawai meningkatkan kinerja dan menjaga komitmen dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang keimigrasian.

Melalui upaya tersebut, diharapkan masyarakat dapat terlayani dengan baik, puas, dan tanpa keluhan/komplain, kata Ilham.

Sementara Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel Herdaus menambahkan, untuk menyemarakkan peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-73 yang diperingati setiap 26 Januari, pihaknya melalui Kantor Imigrasi Palembang dan Kantor Imigrasi Muara Enim telah menggelar sejumlah kegiatan seperti donor darah, gotong royong, olahraga sepeda bersama, dan bersih-bersih rumah ibadah.

Selain itu, digelar kegiatan inovasi pelayanan keimigrasian paspor simpatik di akhir pekan seperti Laksan (Layanan Keimigrasian Akhir Pekan) dan Lapor Tunggu (Layanan Paspor hari Sabtu dan Minggu).

“Masyarakat cukup antusias memanfaatkan pelayanan paspor simpatik tersebut, terbukti setiap akhir pekan target pelayanan simpatik di dua kantor imigrasi di provinsi ini terpenuhi," ujar Herdaus.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in