Ilmuwan Menghitung Berapa Banyak Semut yang Hidup di Bumi, Jumlahnya Bukan Main!

Nusantaratv.com - 22/09/2022 14:00

Ilustrasi semut / the guardian
Ilustrasi semut / the guardian

Penulis: Harry Prasetyo

Nusnataratv.com - Para ilmuwan telah berhasil menghitung jumlah semut di Bumi, ternyata mereka ada di mana-mana! Ada sekitar 20 kuadriliun semut di Bumi pada waktu tertentu, sebuah studi baru menemukan. Jumlah itu sekitar  20.000.000.000.000.000 semut!

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, menempatkan perkiraan 20 kali lebih tinggi dari yang sebelumnya.

 “Kami hampir tidak memiliki ekspektasi apa pun karena angka-angka yang beredar sebelumnya dalam literatur ilmiah pada dasarnya adalah tebakan terpelajar, dan mereka memiliki sangat sedikit data empiris untuk bekerja... Dan, jadi, ini adalah hal baru dari penelitian kami karena kami mensintesis data dari banyak studi empiris," kata Sabine S. Nooten, penulis utama studi.

Perkiraan global sebelumnya adalah antara 1 kuadriliun dan 10 kuadriliun semut dan diajukan oleh ahli biologi Bert Hölldobler dan Edward O. Wilson. Posisi ini mengasumsikan bahwa semut merupakan 1% dari seluruh populasi serangga dunia.

Tim peneliti studi baru menggunakan bukti pengamatan dari data global dan menganalisis 465 studi yang mencakup 1.306 lokasi pengambilan sampel; menghitung semua tempat di mana semut hidup.

Kumpulan data komprehensif studi ini melihat 80 tahun untuk memprediksi seperti apa lingkungan masa depan. Meski jumlahnya terdengar sangat besar, penulis studi menyebut perkiraan itu konservatif.

Mengapa? Karena para ilmuwan tidak dapat mengumpulkan semua data yang mereka butuhkan. Misalnya, semut yang hidup di bawah tanah tidak diperhitungkan dalam penelitian ini, karena tidak ada data tentang mereka

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in