Ibu Kota Pindah, Kemnaker Bangun BLK di Kaltim

Nusantaratv.com - 12 Oktober 2021

Gambar ibu kota baru. (Net)
Gambar ibu kota baru. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bakal membangun Balai Latihan Kerja dan Industri (BLKI) di kawasan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Pembangunan BLKI guna menyongsong perpindahan ibu kota baru (IKN).

"Pembangunan BLKI diharapkan terealisasi dalam waktu dekat, sebagai salah satu upaya kita menyiapkan tenaga kerja terampil guna menyongsong IKN baru di Kaltim," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di Samarinda, Senin (11/10/2021).

Ida menyampaikan hal itu saat membuka Sosialisasi Pemagangan Luar Negeri didampingi Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah.

Edi hadir sekaligus untuk menyerahkan Surat Keputusan Bupati Kutai Kartanegara tentang Persetujuan Penetapan Lokasi Pembangunan BLKI Pertanian Terpadu kepada Dirjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kemnaker Budi Hartawan.

Surat keputusan tersebut merupakan bentuk komitmen dan perhatian pemkab setempat dalam peningkatan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja di wilayah itu.

"Semoga dengan adanya BLKI Pertanian Terpadu, kita mampu mencetak tenaga kompeten lebih cepat dan lebih banyak," imbuh Ida.

Ia juga berharap dapat melihat terbangunnya workshop pelatihan pertanian terpadu sebagai bagian dari pengembangan BLK Samarinda di Kutai Kartanegara.

Menurut dia, pendirian workshop bagian dari program transformasi BLK yang merupakan salah satu prioritas dalam 9 lompatan besar Kemnaker.

"Saya berharap workshop mendatang dapat menjadi center of excellence pengembangan SDM di Kaltim. Lokasi ini kami nilai sangat strategis karena dapat mendukung pengembangan IKN baru," tandasnya, dikutip dari Antara. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])