Hyundai dan Kia Luncurkan SUV Listrik Konsep di LA Auto Show 2021

Nusantaratv.com - 18 November 2021

Hyundai Motor menghadirkan SUV konsep Seven di LA Auto Show pada Rabu (17/11/2021). (Hyundai Motor)
Hyundai Motor menghadirkan SUV konsep Seven di LA Auto Show pada Rabu (17/11/2021). (Hyundai Motor)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Hyundai Motor Co., dan afiliasinya Kia Corp., mengatakan mereka meluncurkan SUV listrik konsep di pameran otomotif Los Angeles (LA) Auto Show 2021.

Perusahaan ingin memperkuat portofolio kendaraan semua-listrik sejalan dengan dorongan elektrifikasi produsen mobil saingannya, seperti dikutip dari kantor berita Yonhap, Kamis (18/11/2021).

Hyundai dan Kia mulai mengungkap sosok SUV listrik terbaru mereka, yakni 'Seven' dan 'EV9' berukuran besar. Di mana seluruh kendaraan listrik mereka akan menggunakan platform E-GMP (Electric Global Modular Platform). E-GMP merupakan platform khusus yang dibangun Hyundai untuk seluruh kendaraan listrik mereka.

Para produsen mobil direncanakan secara bertahap akan menghilangkan kendaraan dengan mesin pembakaran internal (Internal Combustion Engine/ICE) di pasar global karena pemerintah mengadopsi kebijakan yang lebih agresif untuk memerangi perubahan iklim.

Konsep 'Seven' memiliki ruang untuk tujuh penumpang dan bisa menempuh jarak lebih dari 482 kilometer dengan sekali pengisian daya. Begitu juga dengan 'EV9' yang mampu menempuh jarak lebih dari 482 km dengan sekali pengisian daya.

Fungsi kendaraan-ke-beban (vehicle-to-load/V2L) tersedia dalam dua model. Fungsi V2L berfungsi sebagai pengisi daya di atas roda, memungkinkan pelanggan untuk mengisi daya perangkat listrik.

'Seven' menangkap desain masa depan dan inovasi teknologi Hyundai Motor di era mobilitas listrik dan mengisyaratkan model SUV baru yang datang ke keluarga IONIQ, merek kendaraan listrik baterai (BEV) khusus Hyundai.

Sebuah fungsi desain yang berani menyimpang dari tradisi era mesin pembakaran internal. Arsitektur pencahayaan 'Seven' ditentukan oleh Parametric Pixels, identitas desain unik IONIQ yang menghubungkan analog dengan emosi digital.

Sedangkan 'EV9' dikembangkan di bawah filosofi desain baru Kia 'Opposites United', yang mewujudkan fokusnya yang bergeser ke arah elektrifikasi, kata perusahaan itu. 

Sayangnya, pabrikan mobil asal Korea Selatan (Korsel) itu belum merilis harga maupun detail lebih lanjut mengenai SUV konsep listrik tersebut. Pada April, Hyundai Motor meluncurkan kendaraan utilitas crossover menengah IONIQ 5, model pertama yang disematkan dengan platform E-GMP untuk memperkuat kehadirannya di pasar kendaraan ramah lingkungan.

Produsen sedan Sonata dan SUV Palisade itu juga berencana memperkenalkan sedan menengah IONIQ 6 pada 2022 dan SUV besar IONIQ 7 pada 2024. Perusahaan akan mulai menggunakan nama alfanumerik seperti rival besarnya, BMW, yang modelnya diberi nomor seri 1-8.

Pada awal bulan ini, Kia mengumumkan hanya akan menjual kendaraan listrik di Eropa mulai 2035 dan di pasar utama lainnya mulai 2040. Kia 'EV9' adalah model kedua yang disematkan dengan platform E-GMP setelah sedan EV6.

Kia berencana menambah jajaran kendaraan listriknya dengan 11 model, termasuk tujuh yang berbasis E-GMP, pada 2025. Hyundai dan Kia bersama-sama membentuk produsen mobil terbesar kelima di dunia berdasarkan penjualan.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])