Hubungan Olahraga Bola Voli dengan Kesehatan Jantung

Nusantaratv.com - 28 November 2021

Ilustrasi olahraga Bola Voli (istimewa)
Ilustrasi olahraga Bola Voli (istimewa)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Bola voli memiliki beberapa teknik dasar seperti service, passing, smash, dan block. Gerakan dalam permainan ini sangat membutuhkan keterampilan dan kemampuan atletik dari masing-masing individunya. 

Teknik-teknik dasar dalam olahraga ini memiliki kemiripan dengan gerakan aerobik sehingga bola voli memiliki manfaat kesehatan beragam, salah satunya meningkatkan kebugaran tubuh, terlebih jika dilakukan secara rutin. Olahraga bola voli dapat meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan berat badan, hingga menghilangkan stress dan yang lainnya.

Baca Juga: Leher Nyeri Karena ‘Salah Bantal’? Coba Lakukan Ini

Berikut beberapa manfaat olahraga Bola Voli bagi Kesehatan:

Menurunkan Berat Badan
Saat bermain bola voli tentunya tubuh akan banyak bergerak, sehingga banyak kalori yang terbakar. Sebuah penelitian menyebutkan, bermain bola voli sekitar 30 menit mampu membakar 90 hingga 133 kalorit, kalori yang terbakar bervariasi tergantung berat badan seseorang. Sedangkan voli kompetitif mungkin mampu membakar sekitar 120 hingga 178 kalori, sedangkan permainan voli pantai yang dilakukan selama satu jam memiliki potensi membakar hingga 480 kalori. Oleh karena itu olahraga yang satu ini cocok jika kamu ingin menurunkan berat badan, tidak hanya membuat berat badan turun namun juga membuat kamu lebih sehat dan bugar.

Meningkatkan Kekuatan Otot
Manfaat bola voli yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kekuatan otot, voli sendiri merupakan jenis latihan beban yang dikombinasikan dengan latihan kardiovaskular. Pemain harus terus berlatih dan harus bereaksi cepat pada situasi selama permainan, olahraga ini akan memperkuat bagian tubuh, terutama bagian atas seperti bahu, lengan, otot paha dan kaki bagian bawah. Oleh karena itu main voli melibatkan bagian tubuh tersebut untuk bekerja, voli juga membangun kekuatan hampir semua otot di tubuh, dapat memperkuat sistem pernapasan, sehingga mampu meningkatkan sirkulasi dan mengedarkan lebih banyak darah, oksigen dan nutrsi ke seluruh tubuh. 

Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Rutin bermain voli juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Tubuh akan menggunakan energi secara konstan untuk meningkatkan metabolisme. Melakukan olahraga voli ini sebagai salah satu cara terbaik untuk melakukan proses ini, pada tingkat metabolisme yang tinggi, distribusi energi ke berbagai organ akan berada pada tingkat optimal. Jadi jangan lewatkan olah raga yang satu ini untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

Baca Juga: Begini Cara Wapres KH Ma’ruf Amin Menjaga Tubuh Tetap Buga

Mengurangi Tingkat Stres & Kecemasan
Manfaat bola voli yang selanjutnya yaitu mampu mengurangi tingkat stress dan juga kecemasan. Mengalami stress terus menerus akan berefek buruk pada kesehatan tubuh. Olahraga yang membutuhkan konsentrasi seperti voli dapat membantu meredakan stress, voli membutuhkan konsentrasi konstan, sehingga memaksa pemain melepaskan diri secara mental dari pikiran yang mengganggu karena harus fokus pada permainan. Oleh karena itu bermain voli juga mendukung kesehatan mental seseorang, kalau kamu sedang stress dan menyukai permainan ini coba lakukan secara rutin.

Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular
Berbagai kombinasi gerakan yang menggunakan otot dan energi dalam bermain bola voli akan membuat jantung dan paru-paru terpompa, sehingga ini bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Penting juga untuk kamu ketahui kalau memiliki jantung yang sehat berarti memiliki jantung yang mampu memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh tanpa harus bekerja terlalu keras. Jantung yang lebih efisien juga akan membuat tekanan darah cenderung lebih rendah, sehingga menurunkan kemungkinan terkena penyakit jantung, stroke, kondisi arteri hingga serangan jantung, selain itu pernapasan juga jadi lebih kuat dan membuat kamu tidak mudah lelah.

Memperkuat Stamina Dan Meningkatkan Energi
Manfaat bola voli yang selanjutnya yaitu memperkuat stamina dan juga meningkatkan energi, olahraga fisik membutuhkan banyak stamina, begitu juga dengan bola voli. Jika olahraga ini dimainkan secara terus menerus dan dijadikan rutinitas, tentunya stamina kita akan semakin kuat seiring bertambahnya waktu. Pada dasarnya melakukan latihan fisik setiap hari juga mampu meningkatkan tingkat energi.

Olahraga bola voli cenderung mudah dilakukan oleh berbagai kalangan. Demi merasakan manfaatnya, jangan lupa untuk selalu melakukan berbagai jenis pemanasan dan peregangan untuk menghindari risiko cedera selama berolahraga.

Sumber: arikelkesehatan99.com

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])