Hotman Paris Klaim Menang 20-0 Lawan Anies dan Ganjar di MK

Nusantaratv.com - 03 April 2024

Kuasa hukum Prabowo-Gibran dalam sidang sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi. (YouTube)
Kuasa hukum Prabowo-Gibran dalam sidang sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi. (YouTube)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kuasa hukum Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Hotman Paris Hutapea, menilai timnya membuktikan kapasitasnya sebagai pengacara dalam sidang sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). Bahkan, kata Hotman, dirinya merasa bahwa Tim Pembela Prabowo-Gibran sudah menang 20-0 melawan pemohon, yakni Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

"Hari ini terbuktilah kepiawaian dan terbang tinggi dari tim lawyer-nya 02 ini. Benar-benar terbukti, kenapa? Perdebatan hari ini 100% dimenangkan oleh kami," ujar Hotman dalam konferensi pers di Gedung MK, Jakarta, Rabu (3/4/2025).

Hotman mengatakan, terkait urusan Sirekap yang dipermasalahkan pemohon, ialah tak berkaitan dengan hasil Pilpres. Sebab, kata dia  hasil Pilpres ditetapkan lewat rekapitulasi manual berjenjang, bukan Sirekap.

"Jadi bukan Sirekap yang jadi pegangan, tapi perhitungan manual, iya berjenjang, benar-benar perhitungan manual. Bahkan tadi salah seorang Hakim, yaitu Yang Mulia Pak Arief mengatakan ngapain kita capek-capek bicara Sirekap kalau ternyata perhitungan final suara itu adalah berdasarkan manual dan berjenjang," papar Hotman.

"Hakim aja menanyakan begitu. Jadi memang beda kualitas pengacaranya itu aja bedanya. Hari ini kami de facto menang secara perdebatan 12-0 untuk lawan, benar-benar hari ini sebagian besar isi gugatan itu sudah terpatahkan," imbuhnya.

Hotman pun menyinggung kubu Anies dan Ganjar yang akan menghadirkan saksi ahli ITE. Menurut dia hal itu akan percuma, sebab saksi dan ahli dari KPU telah menyatakan Sirekap tak mempengaruhi hasil Pilpres 2024.

"Terpatahkan kedua apa? Kemarin kan 01 dan 03 mengajukan saksi ahli ITE untuk membuktikan Sirekap itu tidak benar, itu nggak ada gunanya lagi karena Sirekap kan nggak dipakai, berarti semua saksi ahli ITE mereka itu berguguran terpatahkan semua karena sirekap ternyata nggak dipakai untuk menentukan hasil pemilu kalau begitu sudah 20-0," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])