Honda dan Sony Sepakat Jual Mobil Listrik pada 2025

Nusantaratv.com - 18/06/2022 09:40

Ilustrasi Honda. (Reuters)
Ilustrasi Honda. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Honda Motor dan Sony resmi menyetujui usaha patungan yang dimiliki bersama yang akan mulai menjual mobil listrik pada 2025.

Honda, seperti pesaingannya Toyota Motor yang lebih besar, lebih lambat beralih ke kendaraan listrik (electric vehicle/EV) daripada produsen mobil global dan berada di bawah tekanan dari investor untuk membuat mobil yang bebas karbon dan dilengkapi dengan teknologi baru seperti fitur self-driving.

Produsen mobil, yang hanya menawarkan satu kendaraan listrik, Honda e, mengatakan pihaknya berencana meluncurkan 30 model kendaraan listrik dan membuat sekitar 2 juta kendaraan listrik setiap tahun pada 2030.

Untuk usaha patungan, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (18/6/2022), pertama kali diumumkan pada Maret dan diberi nama Sony Honda Mobility. Honda akan membawa keahliannya dalam membangun dan menjual mobil. 

Sedangkan Sony akan menambahkan perangkat lunak dan teknologinya, kata perusahaan tersebut dalam pernyataannya baru-baru ini. Dan, setiap perusahaan akan menginvestasikan 5 miliar yen atau sekitar Rp549,6 miliar di usaha patungan tersebut.

Yasuhide Mizuno, selaku eksekutif senior Honda, akan menjabat sebagai Ketua dan CEO usaha patungan tersebut, sedangkan Izumi Kawanishi, selaku Wakil Presiden eksekutif di Sony, akan menjadi Presiden dan Chief Operating Officer (COO).

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in