Hey Pria! Tingkatnya Kesuburan dan Jumlah Sperma dengan cara Ini

Nusantaratv.com - 28/06/2022 20:05

Ilustrasi pembuahan / Harvard Health
Ilustrasi pembuahan / Harvard Health

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com-Kesuburan adalah kemampuan seseorang untuk berkembang biak tanpa menggunakan intervensi medis dan infertilitas pria terjadi ketika peluang mereka untuk hamil anak dengan pasangan wanita mereka buruk. 

Beberapa faktor yang berkontribusi terhadap hal ini adalah kualitas dan kuantitas sperma, konstituen genetiknya, morfologi, gerakan, serta berfungsinya sistem reproduksi sehingga pembuahan dapat terjadi.

Dr Gunjan Sabherwal, Ahli Kesuburan di Nova Southend IVF and Fertility Gurgaon, mengatakan, “Infertilitas pria sering disebabkan oleh kebiasaan yang tampaknya tidak berbahaya yang terlibat dalam rutinitas kita sehari-hari. Perawatan pencegahan terhadap masalah infertilitas menjadi sangat penting dalam daftar periksa kesehatan, terutama mengingat pola gaya hidup yang serba cepat saat ini termasuk diet yang tidak sehat dan rutinitas tidur yang tidak teratur.”

Dia menyarankan, “Hindari mandi air panas atau sauna, tidak meletakkan laptop Anda di pangkuan Anda dan mengenakan celana dalam yang longgar adalah beberapa cara yang akan memberikan ruang bagi alat kelamin untuk menjadi dingin selama perjalanan kesuburan Anda. Infertilitas pria yang disebabkan oleh cacat lahir seperti penyumbatan Azoospermia diobati dengan perawatan bedah. Selain itu, Anejakulasi, Stimulasi Getaran Penis, Infeksi Saluran Kelamin, dan Hiperprolaktinemia ditangani dengan bantuan perawatan non-bedah seperti obat-obatan dan antibiotik.”

Menurut Dr Sweta Patel, Spesialis IVF Senior di Surat's Crysta IVF menambahkan jika ingin meningkatkan jumlah sperma dan meningkatkan kesuburan, ada beberapa modifikasi yang perlu dilakukan dalam gaya hidup Anda. Ini termasuk:

1.Berhenti merokok dan menggunakan alkohol

Asap atau konsumsi alkohol yang berlebihan juga dapat menurunkan kualitas sperma, meningkatkan kemungkinan kemandulan. Mengkonsumsi alkohol secara teratur dapat mengurangi kadar testosteron, menyebabkan disfungsi ereksi, dan mengurangi produksi sperma. Tembakau, di sisi lain, telah terbukti mengurangi konsentrasi sperma, motilitas sperma, dan kerusakan DNA sperma.

2. De-stres diri sendiri

Disfungsi ereksi, libido rendah, dan jumlah sperma rendah semuanya telah dikaitkan dengan tingkat stres yang tidak terkendali, yang semuanya dapat membuat perencanaan menginginkan buah hati hadir menjadi sulit. Jadi, jika Anda dan pasangan mengalami kesulitan hamil, cobalah mencari strategi untuk mengurangi stres. Berlatih meditasi, berpartisipasi dalam beberapa kegiatan, atau mencari bantuan profesional adalah semua pilihan.

3. Menjaga berat badan yang sehat

Penurunan berat badan dan menjaga indeks massa tubuh (BMI) yang sehat dapat membantu meningkatkan kesuburan dan motilitas sperma. Anda harus berolahraga dan makan dengan sehat untuk mencapai ini.

4. Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur dapat membantu Anda hidup lebih lama, menurunkan risiko penyakit kronis, dan meningkatkan kesehatan reproduksi Anda.

Dr Kshitiz Murdia, CEO dan Co-Founder Indira IVF, mengatakan hal yang sama dan menguraikan dua langkah pencegahan yang, jika dilakukan secara konsisten, dapat meningkatkan kesuburan pria dan jumlah sperma.

1. Berhenti merokok dan konsumsi alkohol

Asupan asap dan/atau alkohol yang berlebihan dapat menurunkan kualitas sperma, meningkatkan kemungkinan kemandulan. Mengkonsumsi alkohol secara teratur dapat mengurangi kadar testosteron, menyebabkan disfungsi ereksi, dan mengurangi produksi sperma. Tembakau, di sisi lain, telah terbukti mengurangi konsentrasi sperma, motilitas sperma, dan kerusakan DNA sperma. Efek dari merokok aktif dan pasif pada kesuburan pria adalah sama.

2. Olahraga

Olahraga teratur dapat meningkatkan kadar testosteron dan meningkatkan kesuburan, selain sangat baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Pria yang berolahraga secara konsisten memiliki kadar testosteron dan kualitas sperma yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang menjalani gaya hidup, menurut penelitian. Seseorang harus menjadikan aktivitas fisik sebagai salah satu tujuan utama jika mereka ingin meningkatkan kesuburan mereka.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Ilustrasi kopi-1660110337
“Untag Banyuwangi Bangga Berkebaya”.-1660060594
Baking soda-1660058621