Heroiknya Ikhsan dan Simpati Krisna Bayu Untuk Maruli Simanjuntak

Nusantaratv.com - 20/05/2022 02:25

Pejudo senior Tim Indonesia, Ikhsan Apriyadi
Pejudo senior Tim Indonesia, Ikhsan Apriyadi

Penulis: Reynaldi

Nusantaratv.com - Pejudo senior Tim Indonesia, Ikhsan Apriyadi tampil heroik. Meski sempat pingsan 15 menit, pria berusia 33 tahun yang mengalami cedera tulang punggung ini tidak peduli dengan resiko dan tetap menunjukkan performa terbaik dalam pertandingan cabang olahraga judo SEA Games 2021 Vietnam.

Ikhsan menyumbangkan medali emas pertama cari cabor judo bagi Kontingen Indonesia setelah mengalahkan pejudo Filipina, Keisie Nakano dalam pertandingan final kelas 73kg putra di Hoai Duc Stadium, Hoai Duc, Vietnam, Kamis (19/5/2022).

"Daya juang Iksan patut mendapat apresiasi. Dalam kondisi cedera punggung dan sempat pingsan selama 15 menit dia berani mengambil resiko demi membela Merah Putih. Aksi heroiknya membuahkan hasil emas. Lawannya atlet judo Filipina yang cukup tangguh mampu ditaklukkannya," kata Olympian judo, Krisna Bayu yang menyaksikan pertandingan.

Pada hari pertama pertandingan cabor judo itu, Judo Tim Indonesia mendapat tambahan 1 medali perunggu lewat penampilan Gede Ganding Kalbu (kelas 90kg putra).

"Performa Ani Pandini menurun ketika ibu jarinya dislokasi. Akibatnya, dia tidak bisa memegang baju lawan dengan sempurna untuk melakukan bantingan dan gagal mempertahankan medali emas SEA Games 2019 Filipina. Begitu juga dengan Kakihara Ayu yang mengalami cedera tendon di semifinal. Sedangkan Gede Ganding Kalbu gagal karena harus menurunkan berat badan secara drastis dari 100 kg menjadi 90 kg yang otomatis akan berpengaruh terhadap metabolisme tubuh, sehingga target awal medali emas gagal terpenuhi. Tapi mengingat kegigihannya, Ganding masih berhasil mendapatkan medali perunggu. Di SEA Games 2019 Filipina, Ganding turun di kelas 100 kg dan meraih medali emas. Di SEA Games 2021 Vietnam, Ganding main di kelas yang berbeda yaitu 90 kg, adaptasi tubuhnya belum maksimal namun sudah ditarget medali emas." ungkapnya.

Halaman

0

Aditya Gunawan Saputra Avatar
Aditya Gunawan Saputra - 1 bulan
top 🔥🔥

Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Marc Klok bersama Ricky Kambuaya-1656428489
Daud Yordan-1656426332
Skuad Bali United-1656425014